Menumpuknya Sampah di Kali Tegal Amba, Warga Kurang Sadar Kebersihan Lingkungan

Ayu, warga sekitar lokasi mengatakan banyak warga pendatang yang membuang sampah di lokasi. Hal itu semakin memperparah kondisi yang ada.

Menumpuknya Sampah di Kali Tegal Amba, Warga Kurang Sadar Kebersihan Lingkungan
TribunJakarta/Nur Indah Farrah Audina
Kali Tegal Amba yang dipenuhi sampah dan air yang berwarna hitam, Jumat (5/7/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, DUREN SAWIT- Warga kurang sadar kebersihan lingkungan jadi faktor penyebab menumpuknya sampah di Kali Tegal Amba, Jakarta Timur.

Sampah menumpuk di Kali Tegal Amba terlihat jelas ketika memasuki Jalan Gendang Kelurahan Pondok Bambu, Duren Sawit.

Kali yang melintas di 3 Kelurahan yakni Pondok Bambu, Duren Sawit dan Klender berwarna hitam dengan banyaknya sampah yang mengapung di atasnya.

Ayu, warga sekitar lokasi mengatakan banyak warga pendatang yang membuang sampah di lokasi. Hal itu semakin memperparah kondisi yang ada.

"Sampah di sana memang banyak. Ada juga warga pendatang yang buang sampah di situ. Namanya orang kan beda-beda. Kalau yang sadar ya enggak begitu. Makanya kalau enggak ada petugas sampahnya numpuk, karena terus ditambahin sama yang suka buang sampah sembarangan," terangnya, Jumat (5/7/2019).

Kondisi semakin memprihatinkan dan diperparah dengan adanya warga sekitaran yang tidak bertanggung jawab dan membuang sampah ke Kali Tegal Amba.

Hal ini diungkapkan Muhammad Lika warga lainnya. Ia menuturkan terkadang ada saja beberapa warga yang tidak bertanggung jawab membawa kantung plastik kemudian dibuang ke kali.

Persebaya Hantam Persib 4-0, Berikut Cuplikan Gol Amido Balde dan Irfan Jaya

Warga Keluhkan Sampah Menumpuk di Kali Tegal Amba Jakarta Timur

Seakan Ingin Masuk, Pria Ini Bagikan Foto Seekor Buaya Besar Sedang Panjat Pagar Rumahnya

"Sebenarnya enggak pendatang doang. Ada ajalah warga yang buang sampah ke kali. Kantung plastik berisi sampah di lempar aja gitu ke kali. Nanti kalau kita bilangin malahan galakan dia," kata dia.

Terkait hal tersebut, Lurah Pondok Bambu Angga Sastra Amidjaya akan berkordinasi dengan UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup pada Senin (8/7/2019) mendatang.

"Tadi sudah liat lokasi. Sampahnya memang menumpuk. Untuk itu saya mengimbau warga untuk sadar akan kebersihan lingkungan. Jangan lagi membuang sampah ke kali. Mulai dari sekarang dam diri sendiri terapkan hidup bersih. Selain itu, saya juga akan bersurat ke UPK Badan Air untuk menindak lanjuti sampah yang ada," tutupnya.

Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved