Selain Bengkel Otomotif, Anies Juga Wajibkan SPBU Sediakan Alat Uji Emisi Tahun 2020

Sebelumnya, Anies mengungkapkan akan menggandeng bengkel otomotif di wilayah-wilayah untuk menyediakan alat uji emisi.

Selain Bengkel Otomotif, Anies Juga Wajibkan SPBU Sediakan Alat Uji Emisi Tahun 2020
TRIBUNJAKARTA.COM/AFRIYANI GANIS
ILUSTRASI SPBU Pertamina 34-14208, Pom bensin yang terletak di jalan Boulevard Artha Gading No.3 Kelapa Gading Barat Jakarta Utara ini buka selama 24 Jam. Senin (1/4/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mewajibkan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di seluruh wilayah Ibu Kota untuk menyediakan alat uji emisi pada tahun 2020 mendatang.

Kebiajakan ini, menyusul rencana penerapan wajib uji emisi bagi seluruh kendaraan di DKI yang akan diberlakukan tahun depan.

"SPBU  itu, seperti menyediakan pompa ban yang nitrogen, mereka juga harus menyediakan alat untuk uji emisi. Jadi kita akan melakukan itu," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (5/7/2019).

Sebelumnya, Anies mengungkapkan akan menggandeng bengkel otomotif di wilayah-wilayah untuk menyediakan alat uji emisi.

Nantinya, bengkel tersebut harus memiliki alat uji emisi sebagai salah satu persyaratan wajib ketika melakukan perpanjangan izin usaha.

Mulai Tahun Depan, Kendaraan Luar Daerah yang Masuk ke DKI Wajib Lolos Uji Emisi

Ia pun menegaskan akan memberikan sanksi kepada kendaraan-kendaraan yang tak lolos uji emisi berupa penambahan biaya pajak atau tarif parkir yang lebih mahal.

"Kita akan mewajibkan, perpanjangan izin bengkel harus sudah memiliki fasilitas untuk uji emisi. Jadi semua bengkel di Jakarta saat ini ada 750 resmi, itu harus memiliki kemampuan melakukan uji emisi," kata Anies.

"Tahun depan kita akan mulai dengan pengendalian emisi kendaraan bermotor. Bila tidak lolos uji emisi maka akan ada disinsentif berupa pajak dan yang kedua parkir yang akan lebih mahal," bebernya.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved