Warga Khawatir Pembangunan di Atas Waduk Surilang Berlanjut

Terlebih saat satu bank ternama membangun pondasi di atas bagian lahan Waduk Surilang milik mereka pada awal bulan Mei 2019 lalu.

Warga Khawatir Pembangunan di Atas Waduk Surilang Berlanjut
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Patok beton yang dibangun pihak bank di atas Waduk Surilang, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat (5/7/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PASAR REBO - Masalah sengketa tanah di Waduk Surilang di Kelurahan Gedong antara sejumlah pihak dengan Pemprov DKI berlanjut hingga menimbulkan kekhawatiran warga sekitar.

Terlebih saat satu bank ternama membangun pondasi di atas bagian lahan Waduk Surilang milik mereka pada awal bulan Mei 2019 lalu.

Krisdiyanto (38), warga RW 03 yang bermukim dekat Waduk Surilang mengaku khawatir karena pembangunan tersebut dipastikan mengurangi daya tampung air.

"Semenjak ada pondasi bangunan itu tinggi air naik, terlihat jelas naiknya. Waktu terakhir hujan turun saja air waduk meluap sampai ke bagian tepi, jadi pondasi itu berdampak banget," kata Krisdiyanto di Waduk Surilang, Jumat (5/7/2019).

Padahal hujan yang mengguyur kala itu tak sampai satu jam atau seharusnya tak sampai menyebabkan air Waduk Surilang meluap.

Nahas warga RW 12, RW 03, dan RW 09 hanya bisa pasrah menyaksikan pembangunan karena sadar pihak bank memiliki legalitas atas Waduk Surilang.

"Warga takut kebanjiran pas nanti musim hujan, tapi mereka (bank) kan ada surat tanahnya. Jadi warga enggak bisa ngeluh, ya terpaksa diam saja," ujarnya.

Kondisi Waduk Surilang di Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat (5/7/2019).
Kondisi Waduk Surilang di Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat (5/7/2019). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Beruntung pembangunan yang tak diketahui warga untuk apa itu dihentikan Sudin Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan (Citata) Jakarta Timur sekitar awal bulan Juni lalu.

Pun pembangunan terhenti, Krisdiyanto mengaku khawatir karena setidaknya ada ada dua pihak yang memiliki legalitas atas sebagian lahan Waduk Surilang.

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved