TRIBUN WIKI

Mengenal Kampung Literasi, Ide Lurah Jatipulo Untuk Membentuk Karakter Warganya

Kampung Literasi, sebuah area pemukiman penduduk di RW 08, Kelurahan Jatipulo, Jakarta Barat.

Penulis: Leo Permana | Editor: Muhammad Zulfikar
TribunJakarta.com/Leo Permana
Gapura yang menjadi gerbang untuk memasuki area Kampung Literasi, Jatipulo, Jakarta Barat, Jumat (5/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Leo Permana

TRIBUNJAKARTA.COM, PALMERAH - Kampung Literasi, sebuah area pemukiman penduduk di RW 08, Kelurahan Jatipulo, Jakarta Barat.

Terciptanya kampung tersebut berawal dari ide Lurah Jatipulo, Ari Kurnia yang ingin menjadikan Jatipulo sebagai percontohan membangun manusia, khususnya anak-anak melalui jalan literasi.

Pihaknya pun percaya bahwa dari literasi ini, anak-anak akan terbentuk karakternya, termasuk masyarakat.

Hanya saja, jelasnya, kebanyakan anak-anak atau masyarakat di wilayahnya, untuk mengembangkan minat baca atau ada sesuatu yang dibaca, mereka tidak punya wadah atau tempat.

"Makanya kita buat Kampung Literasi, berikut kita juga buat perpustakaan kelurahan, yang mana perpustakaan ini meraih perpustakaan kelurahan juara 1 provinsi. Nah sekarang lagi dilombakan ke tingkat nasional," kata Ari.

"Kita inginnya perpustakaan kelurahan ini punya efek ke masyarakat, yang satu di antaranya kita buat Kampung Literasi itu untuk menjemput bola minat literasi kepada masyarakat," lanjutnya.

Ia menuturkan untuk percontohan pihaknya membuat di Rw 08.

Menurutnya di Rw 08 ini sepertinya sukses, karena di sana juga linier dari jam belajar masyarakat di Rw 08.

Rencananya pihak kelurahan akan menularkan ke Rw lainnya, sehingga tidak hanya di Rw 08, Kampung Literasi juga akan ada di lingkungan Rw lainnya.

"Sehingga kalau minat baca masyarakat itu sudah tumbuh dan berkembang, anak-anak kita juga karakternya sudah terbentuk, kita mau memperdayakan masyarakat, membangun sesuatu jadi lebih mudah kan," jelasnya.

"Karena mereka otaknya sudah terisi, bahwa ini kampung gue, gue harus jaga, terus dari dia punya bahan literasi itu, mereka bisa dapat referensi oh kita buat urban farming, buat kegiatan-kegiatan ini untuk anak-anak kita, jadi mereka mendapatkan inspirasi dari adanya literasi itu, itu tujuan kita," tambah dia.

Alasan Pemilihan Lokasi

Ari menyebutkan Kelurahan Jatipulo memiliki 10 Rw, dari 10 Rw itu Rw 08 yang pihaknya nilai masyarakatnya paling guyub, kompak dan tingkat pemberdayaannya tinggi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved