Korban Kebakaran di Cipinang Berharap Pemprov DKI Bantu Bangun Ulang Rumah Mereka

Pun saat kejadian nyawanya terancam akibat kobaran api muncul dari dua titik rumah warga yang lokasinya berseberangan dan sebabnya belum diketahui.

Korban Kebakaran di Cipinang Berharap Pemprov DKI Bantu Bangun Ulang Rumah Mereka
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Warga memandangi rumahnya yang terbakar di Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (8/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Kebakaran pada Sabtu (6/7/2019) sekira pukul 04.50 WIB di Jalan Cipinang Jaya I RT 10/RW 07 Kelurahan Cipinang Besar Selatan membuat 47 kepala keluarga kehilangan tempat tinggal.

Ke 147 jiwa yang terdampak dan kini mengungsi di SDN 03/04 Cipinang Besar Selatan itu berharap Pemprov DKI Jakarta memberikan bantuan materil agar dapat membangun rumahnya kembali.

Tini (48), satu warga yang kehilangan rumahnya berharap adanya bantuan materil karena sejak lahir sudah bermukim di Jalan Cipinang Jaya I dekat bantaran Kali Cipinang.

"Kalau bisa sih bantuan materil untuk bangun rumah ya. Semen, batu bata, dan bahan material lain itu kami berharap. Karena kami enggak tahu mau pindah ke mana lagi," kata Tini di Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (8/7/2019).

Wali Kota Jakarta Timur Minta Kebakaran dan Rencana Penggusuran di Cipinang Tidak Dipolitisir

Pun saat kejadian nyawanya terancam akibat kobaran api muncul dari dua titik rumah warga yang lokasinya berseberangan dan sebabnya belum diketahui.

Tini mengaku masih ingin membangun rumah di Jalan Cipinang Jaya I yang merupakan gang sempit dan hanya memiliki satu akses keluar-masuk.

"Dari kecuali saya tinggal di sini enggak pernah ada kebakaran, kalau pun ada cuman seperti api membesar di bagian dapur. Ini kebakaran pertama dan terbesar buat warga," ujarnya.

Menurutnya, seluruh warga yang terdampak kebakaran juga berharap Pemprov DKI memberi bantuan materil kepada mereka.

Terlebih setelah Gubernur DKI Anies Baswedan memberikan uang Rp 50 juta secara simbolis sebagai bantuan awal warga membangun rumahnya.

"Semua warga yang kena kebakaran ngungsi di sini (SDN 03/04) semua. Enggak ada yang ngungsi ke rumah saudara. Alhamdulillah tempatnya cukup untuk semua," tuturnya.

Ketua RW 07 Masfur Mufti juga berharap Pemprov DKI memberi bantuan materil agar warganya dapat menghuni kediaman yang kini jadi abu.

Untuk sekarang dia bersyukur tak ada seluruh logistik makanan, obat, baju, dan sanitasi dipenuhi Pemprov DKI dan pihak lain yang membantu.

"Diharapkan bangunan bisa di-recovery ya, supaya bangunan jadi lebih bagus. Bantuan untuk recovery bangunan ini yang kami harapkan," kata Masfur.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved