Musim Kemarau, Harga Cabai dan Timun di Pasar Induk Kramat Jati Naik

Aji menyebut naiknya harga sebagai dampak musim kemarau karena petani cabai di Temanggung kesulitan air kala bercocok tanam.

Musim Kemarau, Harga Cabai dan Timun di Pasar Induk Kramat Jati Naik
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Lapak pedagang timun di Pasar Induk Kramat Jati, Senin (8/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Dampak musim kemarau yang diperkirakan melanda Indonesia hingga bulan September 2019 mendatang kini mulai dirasakan masyarakat.

Aji (32), satu pedagang cabai di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur mengatakan sejak dua pekan lalu harga cabai melonjak imbas musim kemarau.

"Naiknya langsung derastis, enggak bertahap. Sebelumnya cabai rawit satu kilogramnya Rp 35-40 ribu per kilogram, sekarang harganya Rp 55 ribu per kilogramnya," kata Aji di Pasar Induk Kramat Jati, Senin (8/7/2019).

Aji menyebut naiknya harga sebagai dampak musim kemarau karena petani cabai di Temanggung kesulitan air kala bercocok tanam.

Dia mencontohkan harga cabai merah keriting yang harga sebelumnya berkisar di angka Rp 40 ribu per kilogram sekarang jadi Rp 50 ribu per kilogram.

Dinas Bina Marga Jaktim Bakal Perbaiki Jalan Depan Pintu Keluar Pasar Induk Kramat Jati

"Memang sudah biasa kalau musim kemarau harga naik, karena petani kan sulit air. Kalau dari kualitas cabai pas musim kemarau menurun," ujarnya.

Untuk sekarang Aji menyebut kenaikan harga belum banyak dikeluhkan pembeli karena mahfum dengan faktor cuaca yang mempengaruhi bercocok tanam.

Namun dia mengaku mayoritas pembeli mulai mengurangi jumlah belanjaan sehingga berdampak pada turunnya omzet pedagang.

"Pembeli yang biasanya beli 10 kilogram sekarang cuman 7 kilogram. Saya juga ngurangin belanja, biasanya sehari ambil 1 ton, sekarang cuman 800 kilogram. Menyesuaikan dengan kebutuhan pembeli saja," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved