Breaking News:

Anak-anaknya Terancam Tak Bisa Sekolah, Warga Rusunawa Marunda Minta Dikhususkan

Para orang tua ini meminta pemerintah memberikan akses khusus supaya anak-anak Rusunawa Marunda bisa masuk di tiga sekolah tersebut

TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
SDN 05 Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, CILINCING - Sebanyak 100 orang anak-anak warga Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Marunda, Cilincing, Jakarta Utara terancam tak diterima masuk sekolah dalam masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019.

Mereka terhambat masalah teknis seperti usia yang belum mencukupi untuk masuk sekolah dasar (SD) dan nilai ujian nasional yang tidak memenui kualifikasi sekolah menengah pertama (SMP).

Meski mengerti soal peraturan teknis, orang tua anak-anak tersebut mengeluhkan kemungkinan tidak diterimanya buah hati mereka ke tiga sekolah terdekat di sekitaran Rusunawa Marunda.

Para orang tua ini meminta pemerintah memberikan akses khusus supaya anak-anak Rusunawa Marunda bisa masuk di tiga sekolah tersebut, yakni SDN 02 Marunda, SDN 05 Marunda, dan SMPN 290.

Orang tua menyinggung status mereka sebagai warga relokasi dalam permintaan tersebut.

Kepada warga relokasi, pemerintah dianggap perlu memberikan keringanan agar anak-anak yang tak memenuhi syarat teknis bisa diprioritaskan masuk ke tiga sekolah yang ada.

Karjono (40), orang tua dari Citra Kirana, mengatakan bahwa anaknya tak bisa masuk ke SDN 05 karena terkendala umur.

Diketahui, Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 51 tahun 2018 yang mengatur tentang PPDB mensyaratkan usia masuk SD harus 7 tahun atau 6 tahun dengan rekomendasi psikolog profesional atau dewan guru.

Dengan adanya peraturan tersebut, otomatis anak Karjono belum dapat bersekolah tahun ini.

Halaman
123
Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved