Relawan Jokowi Pasang Spanduk Rumini Pahlawan Pungli Pendidikan di Tangsel

Dukungan terhadap Rumini (44) untuk menguak Pungli di sekolah mendapat dukungan dari relawan Jokowi bernama Garda Nasional untuk Rakyat (GNR).

Relawan Jokowi Pasang Spanduk Rumini Pahlawan Pungli Pendidikan di Tangsel
TribunJakarta.com/Jaisy Rahman Tohir
Spanduk Relawan Jokowi, GNR yang mendukung Rumini di area Bundaran Maruga, Ciputat, Tangsel, Senin (8/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPUTAT - Dukungan terhadap Rumini (44) untuk menguak pungutan liar (Pungli) di sekolah mendapat dukungan dari relawan Joko Widodo (Jokowi) bernama Garda Nasional untuk Rakyat (GNR).

Diketahui, Rumini adalah mantan guru honorer di SDN Pondok Pucung 2, Tangerang Selatan (Tangsel) yang dipecat bersamaan protesnya terkait dugaan adanya pungli di sekolah itu.

Dukungan itu ditunjukkan GNR dengan memasang spanduk di pusat keramaian, salah satunya berada di area bundaran Maruga, Ciputat, Tangsel.

Spanduk itu bertuliskan, "Relawan dan Pendukung Jokowi Siap Membela Pahlawan Pungli Pendidikan, Bu Guru Rumini Bongkar Pungli Demi Mencerdaskan Bangsa. #SaveRumini #StopPungliPendidikan."

Sekjen GNR Tangsel, Ucok Choir, meyakini apa yang dikritisi Rumini bukanlah hanya nyanyian kosong.

Ia juga menegaskan bahwa argumen Rumini soal dugaan adanya pungli harus diusut tuntas.

Hal itu tidak bisa disamakan dengan kasus pemecatan Rumini yang dikatakan memiliki beberapa alasan.

"Enggak bisa whistleblower, dia kan tertuduh, kan tidak mungkin keterangannya tidak digunakan. Misalkan dia bersalah, tetapi menyatakan suatu kebenaran tetap harus dibela. Ya memang risiko whistleblower ya apa yang Rumini rasakan seperti itu. Di negeri ini tidak semudah dalam wacana Undang-undang dan peraturan diaplikasikan, mengapresiasi whistleblower yang mencoba berani mengungkapkan sesuatu," ujar Ucok saat dihubungi TribunJakarta.com, Senin (8/7/2019).

Ucok meminta Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany yang juga pendukung Jokowi untuk mau ikut dalam penguakan kasus pungli di sekolah.

Halaman
1234
Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved