Selama Januari Hingga Juli 2019, 6 Sarang Tawon Vespa Affinis Berhasil Dibasmi Petugas Damkar

Vespa Affinis yang lebih karib dikenal oleh petugas pemadam sebagai tawon Ndas ini cukup banyak bersarang di permukiman warga Cilandak

Selama Januari Hingga Juli 2019, 6 Sarang Tawon Vespa Affinis Berhasil Dibasmi Petugas Damkar
ISTIMEWA/Dokumentasi Damkar Cilandak
Suasana penanganan sarang tawon di Cilandak pada Rabu (27/3/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Satrio Sarwo Trengginas

TRIBUNJAKARTA.COM, CILANDAK - Selama rentang waktu Januari hingga Juli, sebanyak enam sarang tawon dibasmi oleh petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan Sektor V Cilandak, Jakarta Selatan.

Sarang tawon berjenis Vespa Affinis yang terkenal mematikan itu, diamankan oleh petugas damkar lantaran meresahkan permukiman warga.

Menurut Komandan Regu Grup A, Sektor V Cilandak Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan, Subiyanto, rata-rata sarang tawon itu berada di pohon dekat permukiman warga.

"Mereka berada di pohon yang berada di dekat permukiman warga sehingga warga resah. Hampir laporan yang masuk ke pihak kami ada saja warga yang tersengat," ujarnya kepada TribunJakarta.com pada Selasa (9/7/2019).

Tak jarang, keberadaan kawanan tawon itu hingga melukai warga.

Alisia Rininta Dukung Suaminya Jadi Anggota Dewan Kota Jakarta Timur

Jelang Persija vs Persib : Imbauan untuk The Jakmania dan Pesan Persatuan dari Kapten Maung Bandung

Subiyanto menambahkan kurang lebih 10 orang tersengat oleh tawon itu.

Beruntung, meski jenis tawon yang sempat menewaskan tujuh warga Klaten itu menyengat warga Cilandak, namun tak sampai merenggut nyawa warga.

"Kurang lebih ada 10 orang yang tersengat tawon jenis itu selama Januari hingga Juli. Lima orang dibawa ke dokter," lanjutnya.

Vespa Affinis yang lebih karib dikenal oleh petugas pemadam sebagai tawon Ndas ini cukup banyak bersarang di permukiman warga Cilandak.

"Tahun lalu, Sarwon ini banyak di Cilandak. Dalam waktu sebulan, apabila tak ditangani, sarang tawon bisa membesar sekira 50 cm," tandasnya.

Penulis: Satrio Sarwo Trengginas
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved