Aceh Utara Imbau Wanita Tidak Keluar Malam Hari Tanpa Didampingi Suami atau Mahram

“Ini baru sebatas seruan. Jadi, kita imbau agar wanita tidak keluar malam hari jika tak didampingi mahramnya atau orangtuanya,” sebut Bupati, Rabu.

Aceh Utara Imbau Wanita Tidak Keluar Malam Hari Tanpa Didampingi Suami atau Mahram
KOMPAS.com/MASRIADI
Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib resmi membuka museum pertama di dunia yang berisi peninggalan sejarah Kerajaan Samudera Pasai, di Desa Beuringen, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Selasa (9/7/2019) 

TRIBUNJAKARTA.COM, ACEH UTARA- Sebanyak 28 organisasi masyarakat menandatangani seruan bersama agar wanita tidak keluar malam hari tanpa didampingi suami atau mahram.

Selain itu, anak usia di bawah 17 tahun dilarang keluar malam hari dan pada saat jam belajar tanpa didampingi orangtua atau wali.

Seruan itu dibacakan dan ditandatangani di Masjid Agung Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, Rabu (10/7/2019), yang turut dihadiri Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib.

“Ini baru sebatas seruan. Jadi, kita imbau agar wanita tidak keluar malam hari jika tak didampingi mahramnya atau orangtuanya,” sebut Bupati, Rabu.

Dia menyebutkan, untuk anak usia sekolah harus fokus belajar. Jika malam hari bisa belajar di balai pengajian atau pesantren.

“Organisasi pemuda, ulama dan masyarakat ini sepakat agar wanita keluar malam itu harus didampingi mahramnya. Ini belum ada larangan tertulis loh dalam aturan resmi,” kata pria yang akrab disapa Cek Mad ini.

Tanggal Pelaksanaan Festival Cisadane Tangerang Dimajukan, ini Alasannya

Trailer Terbaru Dora and The Lost City of Gold Live-Action, Sweeper Si Pencuri Akhirnya Muncul

Tabung Gas Bocor, Bengkel Ketok Magic di Penggilingan Nyaris jadi Abu

Dia menyebutkan, dua poin seruan itu akan dibahas oleh Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Utara bersama sejumlah organisasi yang ikut menandatangani seruan tersebut.

“Tidak serta merta seruan itu berlaku. Nanti dibahas dulu, dikaji dulu secara mendalam. Dianalisa dan lain sebagainya. Barulah jika memenuhi syarat dituangkan dalam peraturan bupati,” ujar dia. (Kontributor Lhokseumawe, Masriadi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Bupati Aceh Utara: Kita Imbau Wanita Tidak Keluar Malam Hari

Editor: Erik Sinaga
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved