Breaking News:

Ibadah Haji 2019

Jemaah Calon Haji Jawa Barat Dibekali Kantong Kencing Supaya Mudah Saat Saat Wukuf

Pada saat wukuf di Arafah, kantong kencing dan washlap akan sangat diperlukan ketika jemaah kesulitan mengakses toilet.

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Wahyu Aji

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Jemaah calon haji asal Jawa Barat saat tiba di Asrama Haji Embarkasi Bekasi akan langsung mendapatkan sejumlah perlengkapan salah satunya satu set alat kesehatan.

Bedanya tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya, di dalam perlengkapan alat kesehatan tersebut, terdapat kantong kencing yang diberikan kepada setiap jemaah agar dimudahkan dalam ritual wukuf.

"Kalau sebelumnya jemaah mempersipakan secara mandiri, tapi banyak dari mereka yang tidak menyiapakan karena harga jualnya cukup mahal, begitu juga dengan washlap tahun ini juga baru kita sertakan dalam set alat kesehatan," kata Fitri penyuluh kesehatan PPIH Jawa Barat di Bekasi, Rabu (10/7/2019).

Pada saat Wukuf di Arafah, kantong kencing dan washlap akan sangat diperlukan ketika jemaah kesulitan mengakses toilet.

Lupa Jalan Pulang saat Wukuf, Jemaah Haji Asal Kepri Ditemukan Selamat

Sebab, jumlah toilet sangat terbatas jika dibandingkan dengan jumlah orang yang berada di lokasi wukuf.

"Jadi dengan kantong kencing dan washlap sekali pakai ini agar jemaah lebih praktis dan proses ibadah wukuf mudah-mudahan lebih khusyuk," jelas dia.

Adapun untuk satu paket alat kesehatan yang diberikan ke jemaah dibekali juga obat-obatan seperti oralit, salep untuk mengantisipasi kulit pecah-pecah, dua jenis masker yakni masker bahan yang bisa dipakai berkali-kali dan puluhan masker satu kali pakai.

"Ada juga botol semprot kosong 500 mili, nanti botol itu bisa diisi air barsih gunanya untuk menyemprotkan ke wajah atau bagian tubuh lain ketika cuaca terik agar terasa lebih segar," ujar dia.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved