Lantik 8 Dewan Kota, Wali Kota Jakarta Barat Ingatkan Peran dari Dewan Kota

Ia melanjutkan, sebagai institusi berbasis kemasyarakatan, Dekot bukanlah sebagai lembaga perwakilan politik sebagaimana halnya DPRD

Lantik 8 Dewan Kota, Wali Kota Jakarta Barat Ingatkan Peran dari Dewan Kota
TribunJakarta/Leo Permana
Wali Kota Jakarta Barat, Rustam Effendi saat lakukan penandatanganan seusai melantik ke-8 Dewan Kota di wilayahnya, Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Rabu (10/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Leo Permana

TRIBUNJAKARTA.COM, KEMBANGAN - Wali Kota Jakarta Barat, Rustam Effendi melantik delapan Dewan Kota periode 2019-2024, di Kantor Wali Kota Jakbar, Rabu, (10/7/2019).

Dalam kesempatan itu, ia pun mengingatkan peran serta tugas mereka sebagai seorang Dewan Kota.

Ke delapan anggota Dewan Kota Kota Administrasi Jakarta Barat periode 2019-2024 yang dilantik, di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Rabu (10/7/2019).
Ke delapan anggota Dewan Kota Kota Administrasi Jakarta Barat periode 2019-2024 yang dilantik, di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Rabu (10/7/2019). (TribunJakarta/Leo Permana)

"Dewan Kota merupakan lembaga musyawarah lingkup masyarakat tingkat Kota dan Kabupaten, yang membantu Wali Kota untuk menggerakkan atau mendorong peran serta masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat," katanya, Rabu (10/7/2019).

Ia melanjutkan, sebagai institusi berbasis kemasyarakatan, Dekot bukanlah sebagai lembaga perwakilan politik sebagaimana halnya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Akan tetapi lebih merupakan representasi perwakilan masyarakat pada setiap kecamatan, yang diberikan kedudukan sebagai wadah yang menghubungkan antara wilayah kerja kota/kabupaten dengan masyarakat dan menggerakan atau mendorong peran serta masyarakat.

"Konsepsi pengaturan Dewan Kota di Provinsi DKI Jakarta diharapkan akan memberi kejelasan terhadap kedudukan Dewan Kota, sekaligus memberi arah serta pedoman dalam pelaksanaan tugas Dewan Kota. Pengaturan yang jelas dan lengkap selain dapat mengoptimalkan kinerja Dewan Kota, juga diharapkan dapat memperjelas kedudukan dan hubungan antara Dewan Kota dengan Wali Kota dalam penyelenggaraan pemerintahan di wilayah kerja yang bersangkutan," jelas Rustam.

"Pedoman Peraturan daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 6 tahun 2011 dan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 116 tahun 2013 yang merupakan landasan hukum dalam melaksanakan pengorganisasian yang lebih menjamin efektivitas dan lebih tertib administrasi dalam penyelenggaraan tugas-tugas Dewan Kota," tambahnya.

Rustam menyampaikan saat ini banyak program-program pemerintah yang perlu mendapat dukungan dari masyarakat secara keseluruhan.

Khususnya adalah dukungan lembaga kemasyarakatan dalam menggerakkan dan mengajak masyarakat.

Sehingga, lanjutnya, terwujud sinergitas antara pemerintah dan masyarakat, serta seluruh stakeholder yang terkait dalam menciptakan visi dan misi Provinsi DKI Jakarta periode 2017-2022.

"Dalam mewujudkan visi dan misi tersebut, Pemprov DKI Jakarta memiliki 60 Kegiatan Strategis Daerah (KSD) yang telah kita jalani bersama, di antaranya kegiatan Festival Olahraga Rakyat, peningkatan layanan pengaduan masyarakat, dan lain sebagainya," paparnya.

Jelang Laga Persija Vs Persib, Petugas Periksa Barang Bawaan Jakmania Masuk SUGBK

1 Tahun Tak Hadir, Bangku Kosong di SDN Ciracas 11 Pagi Milik Anak Caleg

Ramalan Zodiak Cinta Kamis 11 Juli 2019, Cancer Jangan Mudah Mengeluh & Capricorn Berusaha Terbuka

"(Serta) adapula program yang menjadi unggulan di wilayah Jakbar yaitu pelaksanaan jam belajar malam masyarakat, bank sampah, gerakan masyarakat sehat, penghijauan, dan lainnya. Untuk itu saya mengajak seluruh hadirin dan masyarakat pada umumnya untuk bersama-sama melaksanakan dan mendukung seluruh program dan kegiatan tersebut," kata Rustam.

Ini Daftar Dewan Kota Jakarta Barat periode 2019-2024 :

1. Kecamatan Cengkareng - Subur
2. Kecamatan Grogol Petamburan - Drajat
3. Kecamatan Tambora - Muhamad Muhadzab
4. Kecamatan Taman Sari - Abidin AR
5. Kecamatan Kebon Jeruk - Rasyid Ridho
6. Kecamatan Palmerah - Arkat Marni Nugraha
7. Kecamatan Kembangan - Matseni H Mardjuki
8. Kecamatan Kalideres - Indra Gunawan

Penulis: Leo Permana
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved