VIDEO Menjajal Armada Jak Lingko ber-AC di Tengah Memburuknya Udara Jakarta

Ditengah buruknya kondisi udara di ibukota, Dishub DKI Jakarta melakukan uji coba pengoperasian angkutan kota ber-AC dalam program Jak Lingko.

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, TANAH ABANG - Ditengah buruknya kondisi udara di ibukota, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta melakukan uji coba pengoperasian angkutan kota ber-AC dalam program Jak Lingko.

Dengan moda transportasi ini, masyarakat pun bisa naik angkot dengan nyaman tanpa harus menghirup polusi udara yang dikeluarkan oleh knalpot kendaraan.

JAK.01 rute Tanjung Priok-Plumpang yang sudah beroperasi empat hari di wilayah kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (19/12/2018).
JAK.01 rute Tanjung Priok-Plumpang yang sudah beroperasi empat hari di wilayah kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (19/12/2018). (TRIBUNJAKARTA.COM/AFRIYANI GANIS)

Pasalnya, seluruh kaca dan pintu Jak Lingko ber-AC selalu tertutup rapat saat kendaraan tersebut berjalan.

TribunJakarta.com pun berkesempatan menjajal salah satu armada Jak Lingko ber-AC yang melayani trayek Tanah Abang-Kota.

Berbeda dibandingkan armada Jak Lingko pada umumnya yang berwarna biru muda, kendaraan Jak Lingko ber-AC ini berwarna silver dan ada juga yang berwarna putih.

Sebelum memulai perjalanan dari shelter Jak Lingko di Tanah Abang, TribunJakarta.com terlebih dahulu menyerahkan kartu Jak Lingko kepada pengemudi untuk di tap di mesin yang ada di dashboard mobil.

Kartu Jak Lingko ini sendiri bisa dibeli di seluruh halte bus Transjakarta seharga Rp 30 ribu dengan isi saldo sebesar Rp 10 ribu.

Meski kartu tersebut memiliki saldo sebesar Rp 10 ribu, namun masyarakat sendiri bisa menikmati layanan Jak Lingko secara cuma-cuma atau gratis.

"Tidak dikenakan biaya, masyarakat bisa menikmati layanan ini gratis asalkan punya kartu Jak Lingko," ucap Agustinus, pengemudi Jak Lingko, Selasa (8/7/2019).

Halaman
123
Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved