BNPB Sarankan Uji Kelayakan Pemindahan Ibukota di Kalimantan

Sayang, Doni berhalangan hadir dan digantikan dengan Sekretaris Utama BNPB Dody Ruswandi.

BNPB Sarankan Uji Kelayakan Pemindahan Ibukota di Kalimantan
TribunJakarta/Dwi Putra Kesuma
Sekretaris Utama BNPB Dody Ruswandi ketika dijumpai wartawan di Auditorium Kampus D Universitas Gunadarma, Pondok Cina, Beji, Kota Depok 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, BEJI- Universitas Gunadarma hari ini menggelar seminar bertemakan Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dengan perspektif ketahanan nasional dan kebencanaan.

Acara tersebut diisi oleh sejumlah pembicara berkompeten, diantaranya Staff Ahli Bappenas Bidang Penataan Ruang dan Kemaritiman Kabinet Indonesia Bersatu Son Diamar dan Kepala BNPB Doni Monardo.

Sayang, Doni berhalangan hadir dan digantikan dengan Sekretaris Utama BNPB Dody Ruswandi.

Dijumpai wartawan usai seminar tersebut berlangsung, Dody mengatakan pihaknya memiliki sistem inaRISk yang didalamnya berisi tentang peta resiko bencana suatu daerah, khususnya di Kalimantan yang digadang-gadang akan menjadi pengganti Ibu Kota Jakarta.

“Perspektif kebencanaan sudah kami sampaikan tadi informasi tentang peta bencana di wilayah Kalimantan, kami sudah punya sistem inaRISK dimana disitu kami sudah punya peta resiko bencana, jadi kami punya data seberapa besar ancaman dan resiko untuk masing-masing provinsi di Kalimantan,” ucap Dody di Auditorium Kampus D Universitas Gunadarma, Pondok Cina, Beji, Kota Depok, Kamis (11/7/2019).

Dody mengatakan, peta bencana yang ada saat ini sudah sampai ketingkat Kabupaten meskipun belum lengkap seluruhnya karena sedang dalam proses, hingga ke tingkat desa.

Heboh Video Rey Utami dan Pablo Naik Mobil Tahanan, Farhat Abbas: Mau Periksa Kesehatan Karena Capek

Ikan Asin Buat Galih Ginanjar hingga Rey Utami Jadi Tersangka, Fairuz A Rafiq: Semua Karena Allah

Pria Bertopeng Masuk Kamar dan Bacok Ibu Muda di Tulungagung Tertangkap: Residivis dan Dibawah Umur

“Nah sekarang sebenarnya dari peta informasi ini sudah bisa dipakai oleh pemerintah sebagai salah satu aspek ketika pemerintah mengambil keputusan pemindahan Ibu Kota,” katanya.

Lanut Dody, pihaknya juga telah menyarankan untuk uji kelayakan, sehingga bencana menjadi salah satu basis untuk pemindahan Ibu Kota.

“Kami sarankan untuk dilakukan uji kelayakan, sehingga bencana menjadi salah satu basisnya, kan nanti analisa resiko bencana akan dikawinkan juga dengan tata ruang hingga perannya maksimal,” pungkasnya.

Penulis: Dwi putra kesuma
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved