Ibadah Haji 2019

Jemaah Calon Haji Ini Ketahuan Bawa Penanak Nasi, Sambal, Teri Goreng Hingga Cobek

Hal ini dilakukan lantaran koper besar yang dia bawa terdeteksi bermasalah usai diperiksa menggunakan mesin pemindai X-Ray.

Jemaah Calon Haji Ini Ketahuan Bawa Penanak Nasi, Sambal, Teri Goreng Hingga Cobek
TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Dedeh jemaah calon haji asal Subang Jawa Barat kedapatan membawa penanak nasi, sambal, teri goreng, gula merah hingga cobek di dalam koper 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Dedeh, Jemaah calon haji asal Kabupaten Subang yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 18, terpaksa harus membuka kembali koper besar saat tiba di Asrama Haji Embarkasi Bekasi, Jalan Kemakmuran, Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Kamis (11/7/2019).

Hal ini dilakukan lantaran koper besar yang dia bawa terdeteksi bermasalah usai diperiksa menggunakan mesin pemindai X-Ray.

Dedeh jemaah calon haji asal Subang Jawa Barat kedapatan membawa penanak nasi, sambal, teri goreng, gula merah hingga cobek di dalam koper.
Dedeh jemaah calon haji asal Subang Jawa Barat kedapatan membawa penanak nasi, sambal, teri goreng, gula merah hingga cobek di dalam koper. (TribunJakarta/Yusuf Bachtiar)

Koper milik Dedeh langsung disisihkan petugas, tidak lama dia dipanggil membuka koper miliknya. Saat dibuka, sejumlah benda dan bahan makanan seperti penanak nasi, cobek, teri goreng, hingga sambal terasi botol, dibawa jemaah asal Subang tersebut.

Dia saat ditanya petugas mengaku sengaja membawa peralatan masak agar pada saat di Arab Saudi tidak keropetan mencari keperluan yang dia butuhkan.

"Mau buat makanan di sana, sambel aja bawa cobek kayu yang kecil, teri goreng, udah mateng ini mah," kata Dedeh.

Selain itu, perlengkapan bumbu masak seperti masako, gula merah turut dibawa Dedeh. Meski begitu, bahan-bahan masakan itu tidak turut disita petugas, hanya penanak nasi yang terpaksa dikeluarkan karena tidak diperkenankan untuk dibawa.

Pengacara: Kami Tidak Tahu Pihak Tertentu Yang Meminta Arab Saudi Cekal Rizieq Shihab

Kendala Administrasi Jadi Alasan LRT Jakarta Belum Beroperasi Secara Komersial Hingga Kini

Tidak Langsung Balik ke Jakarta, Anies Baswedan Langsung ke Amerika Serikat Usai dari Kolombia

"Enggak tahu kalau enggak boleh dibawa (penanak nasi)," ucap dia.

Dedeh mengaku membawa penanak nasi karena diberitahu oleh tetangganya yang sudah pernah berangkat haji bahwa, tidak masalah jika membawa peralatan memasak termasuk penanak nasi.

"Ada bu haji (tetangga), dia bilang enggak apa-apa bawa ini (penanak nasi), tapi dia dulu pergi hajinya udah lama," tandasnya.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved