Kendaraan yang Belum Lulus Uji Emisi Harus Parkir di Lantai Paling Atas Gedung Wali Kota Jakut

sistem parkir itu disebutkannya akan diterapkan permanen dan bakal diberlakukan juga di seluruh kantor instansi Pemerintah Kota Jakarta Utara

Kendaraan yang Belum Lulus Uji Emisi Harus Parkir di Lantai Paling Atas Gedung Wali Kota Jakut
TribunJakarta.com/Afriyani Garnis
Area gedung parkir Kantor Wali Kota Jakarta Utara akan segera diberlakukan sistem zonasi untuk kendaraan yang belum atau tidak lulus uji emisi akhir Juli 2019 mendatang, Kamis (11/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Afriyani Garnis

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Untuk memberi efek jera pada bagi pemilik kendaraan yang belum atau tidak lulus uji emisi Pemerintah Kota Jakarta Utara akan menempatkannya  di lantai atas gedung parkir Kantor Wali Kota Jakarta Utara.

Peraturan itu diberlakukan sebagai langkah serius pemerintah dalam memperbaiki kualitas udara di Jakarta.

Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, kendaraan yang belum atau tidak lulus uji emisi akan ditempatkan di lantai sembilan (P9) atau paling atas gedung Parkir Kantor Walikota Jakarta Utara.

“Gedung parkir di sini (kantor walikota Jakarta Utara) ada Sembilan lantai. Di lantai paling atas tidak memiliki atap seperti lantai sebelumnya. Kendaraan akan kepanasan). Ini tentunya sebagai efek jera,” kata Ali, saat ditemui di Kantor Walikota Jakarta Utara, Kamis (11/7/2019).

Ali menerangkan penerapan parkir zonasi tersebut akan berlaku pada akhir Juli 2019 mendatang.

Namun, sepekan sebelumnya diberlakukannya sistem itu, pihaknya akan memberlakukan uji emisi gratis dari Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Utara.

Tak hanya itu sosialisasi bagi pemilik kendaraan baik tamu maupun Aparat Sipil Negara (ASN) dan pegawai di lingkungan Walikota Jakarta Utara pun akan dilakukan.

“Kita sosialisasikan penggunaan aplikasi berbasis android bernama ‘E-UJI EMISI’ kepada pemilik kendaraan. Jadi nanti saat pelaksanaannya, petugas Pengamanan Dalam (Pamdal) akan mengecek validasi status kendaraannya lulus uji emisi atau tidak,” jelas Ali.

Respon Ratna Sarumpaet Usai Divonis Dua Tahun Penjara

Tira Persikabo Bertekad Permalukan Madura United di Stadion Pakansari

Diharapkannya, pemilik kendaraan segera melakukan servis berkala terhadap kendaraannya agar lulus uji emisi.

Tercatat pada aplikasi E-Uji Emisi ada 43 bengkel resmi yang tersebar di Jakarta Utara bisa melakukan uji emisi.

Kedepannya, sistem parkir itu disebutkannya akan diterapkan permanen dan bakal diberlakukan juga di seluruh kantor instansi Pemerintah Kota Jakarta Utara.

“Sistem parkir ini ke depannya akan diterapkan permanen. Nanti kita evaluasi bagaimana pelaksanaannya. Bahkan akan kita terapkan di seluruh kantor instansi pemerintahan Jakarta Utara. Termasuk kelurahan, kecamatan dan UKPD (Unit Pelaksana Tugas Daerah) lainnya,” tutupnya.

Penulis: Afriyani Garnis
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved