Antisipasi Dampak Polusi Udara, Begini Cara Pakai Masker yang Benar

Meski demikian, ia mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker dengan baik dan benar agar memperoleh hasil yang lebih efektif.

Antisipasi Dampak Polusi Udara, Begini Cara Pakai Masker yang Benar
ISTIMEWA/MEDICAL DAILY
ILUSTRASI masker udara 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menyarankan masyarakat untuk mengenakan masker ditengah polusi udara di ibukota yang disebut semakin memburuk.

Meski demikian, ia mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker dengan baik dan benar agar memperoleh hasil yang lebih efektif.

"Jadi kalau mau menjaga dampak buruk polusi udara kita harus pakai masker yang konsisten, artinya tidak buka tutup masker," ucapnya saat ditemui di Kantor Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Kadis Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti (kiri) saat ditemui di kantornya, Jalan Kesehatan, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (12/7/2019).
Kadis Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti (kiri) saat ditemui di kantornya, Jalan Kesehatan, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (12/7/2019). (TRIBUNJAKARTA.COM/DIONSIUS ARYA BIMA SUCI)

Dalam menggunakan masker, ia juga menyebut, setiap orang harus memastikan masker yang digunakan tertutup dengan rapat.

"Jadi memang orang terkadang menjadi risih karena bentuk masker tidak pas di wajah, makanya kadang orang memakainya salah, mereka enggak nyaman jadi sering dibuka," ujarnya.

Ia pun menyarankan, masyarakat menggunakan masker jenis N-95 atau yang memiliki moncong lantaran diyakini mampu menyaring polusi udara hingga yang berukuran 2,5 mikron.

"Kalau masker kain yang biasa dipakai itu sebenarnya kurang efektif karena hanya bisa menahan polutan yang 10 mikron saja," kata Widyastuti.

Masker jenis ini, dijelaskan Widyastuti, seringkali juga digunakan oleh para dokter dan perawat dalam merawat pasien penyakit menular.

"Untuk itu, kami lebih sarankan menggunakan masker yang ada cekungannya," ucapnya.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved