Dalam Sehari, Pemprov DKI Siapkan 2.200 Porsi Makanan untuk Para Pencari Suaka

Menurut Irmansyah, Pemprov DKI Jakarta akan memberi bantuan berupa tempat penampungan sementara dan makanan selama 7 hari ke depan

Dalam Sehari, Pemprov DKI Siapkan 2.200 Porsi Makanan untuk Para Pencari Suaka
TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra
Petugas tengah mendata pencari suaka yang baru tiba di gedung penampungan sementara di Jalan Bedugul, Kalideres, Jakarta Barat. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Irmansyah mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan sebanyak 1.100 porsi makanan untuk para pencari suaka yang ditampung di penampungan sementara lahan eks Kodim Kalideres, Jakarta Barat.

1.100 porsi tersebut, disiapkan untuk satu kali makan. Sementara untuk harian, Dinas Sosial menyediakan bantuan makanan sebanyak dua kali sehari sehingga jika di total, ada 2.200 porsi yang disiapkan setiap harinya.

"Sehari dua kali makan, paling tidak siang dan malam. Jadi kita bukan dapur umum di Jakarta barat. Kita siapkan 1.100 (porsi) makanan, karena bertambah terus orangnya," kata Irmansyah saat dikonfirmasi, Jumat (12/7/2019).

Menurut Irmansyah, Pemprov DKI Jakarta akan memberi bantuan berupa tempat penampungan sementara dan makanan selama 7 hari ke depan.

Disamping itu, Pemprov DKI Jakarta akan menyurati Pemerintah Pusat terkait dengan solusi selanjutnya.

"Kita berikan (bantuan) selama tujuh hari dulu, lalu setelah itu kita tunggu perkembangan pembahasan karena DKI Jakarta menyurati kepada Pemerintah pusat dan UNHCR supaya bisa ini bagaimana kaitannya dengan ini," beber dia.

VIDEO Grafiti di RPTRA Gondangdia yang Instagramable

"Harus ada dong solusinya. Kemarin kita tanya ke UNHCR gak ada, kemarin ya, di lapangan mulai siang sampai dini hari tadi pagi gak da. Lalu kita bagaimana nih makanya kita koordinasi pusat yaitu Kemensos, dan kami dapat dukungan ini menunggu proses," katanya.

Sebagai informasi, sebelumnya Pemprov DKI Jakarta memberikan bantuan penampungan sementara atas dasar kemanusiaan di lahan ex Kodim Kalideres Jakarta Barat untuk para pencari suaka yang berasal dari beberapa negara.

Sejak Kamis kemarin, para pencari suaka yang menetap di trotoar Kebon Sirih, sudah direlokasi. Kini trotoar Jalan Kebon Sirih Jakarta pusat terpantau kosong dari para pencari suaka tersebut.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved