Dinsos DKI Kaget Pencari Suaka Kebon Sirih yang Tiba di Gedung Penampungan Kalideres Membludak

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah kaget banyaknya jumlah pencari suaka yang berdatangan di gedung penampungan sementara di Kalideres.

Dinsos DKI Kaget Pencari Suaka Kebon Sirih yang Tiba di Gedung Penampungan Kalideres Membludak
TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra
Petugas tengah mendata pencari suaka yang baru tiba di gedung penampungan sementara di Jalan Bedugul, Kalideres, Jakarta Barat. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KALIDERES - Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah kaget banyaknya jumlah pencari suaka yang berdatangan di gedung penampungan sementara di Jalan Bedugul, Kalideres, Jakarta Barat.

Sebab, sampai saat sudah ada 465 pengungsi yang tiba menggunakan bus dari Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

"Sebelumnya data kita di Kebon Sirih tuh ada 250 pengungsi yang kita siapkan. Tapi bergelombang ini, datangnya dan bertambah terus, kita juga enggak tahu dari mana persisnya," kata Irmansyah di gedung penampungan sementara di Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (11/7/2019).

Diduga, para pengungsi itu menghubungi rekan-rekan mereka yang sebelumnya tidak ikut mengemper di Kebon Sirih saat mendengar akan disediakan tempat penampungan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Irmansyah memperkirakan akan ada sekitar 700 pengungsi dari Afghanistan, Iran, Somalia, Mali dan Sudan yang ditampung di tempat ini.

"Kita belum bisa memperkirakan, kalau sekarang 465, lalu nanti ada tambahan lagi 200 di sana ya bisa sekitar 700-an orang," kata Irmansyah.

Irmansyah menuturkan, untuk satu pekan ke depan para pengungsi di tempat ini akan ditanggung oleh Pemprov DKI Jakarta, termasuk untuk kebutuhan logistik.

Hal itu lantaran UNHCR telah bersurat ke Pemprov DKI Jakarta dalam menangani masalah pengungsi ini.

"Di saat bersamaan kita buatkan surat ke pemerintah pusat, Kemenlu, Kemenkumham supaya segera dapat solusi untuk semua," katanya.

Halaman
1234
Penulis: Elga Hikari Putra
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved