Selain Menjadi Tempat Bermain, RPTRA Garuda Juga Jadi Lahan Pertanian

para pengunjung yang merupakan warga sekitar maupun dari luar kelurahan bisa mendatangi RPTRA Garuda ketika panen tiba

TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina
Suasana panen kangkung dan terong di RPTRA Garuda, Jalan Sepakat VIII, Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (12/7/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPAYUNG - Panen sayuran di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Garuda paling dinantikan para pengunjung.

RPTRA yang berlokasi di Jalan Sepakat VIII Kelurahan  Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur sudah beberapa hari belakangan panen kangkung dan terong.

Rita, satu diantara pengelola mengatakan panen sudah berlangsung sejak dua hari belakang dengan jumlah yang lumayan banyak.

"Panennya udah dari dua hari lalu tapi masih lanjut sampai sekarang. Jadi berkala jumlahnya. Alhamdulillah hari ini cukup banyak. Kalau panen begini, pengunjung yang datang pasti sudah lihat sayurannya dan nanya ke kita (pengelola). Terus mereka bilang mau ke kita," ujarnya, Jumat (12/7/2019).

Untuk tanaman kangkung dan terong, Rita menjelaskan biasanya membutuhkan waktu minimal 20 hari.

Kemudian siap panen dan nantinya akan ditabur bibit kembali dan dilakukan perawatan secara berkala kembali oleh keenam pengelola RPTRA Garuda.

Posyandu Lily di Bojongsari Depok Raih Penghargaan Tingkat Nasional

"Kalau bibit emang dari KPKP. Tapi lama-lama kan lihat pengunjung antusias banget sampai mereka ngasih uang. Akhirnya uang dari warga yang seikhlasnya itu kita kelola buat operasional bibit sama pupuk. Makanya tanaman sayur kita di sini banyak. Karena uang yang dikasih sukarela itu benar-benar kita peruntukan lagi untuk bibit dan pupuk. Dari warga untuk warga," sambungnya.

Saat ini beberapa tanaman sayuran lainnya di RPTRA Garuda juga siap panen. Seperti tanaman cabai yang berada di pinggir halaman RPTRA juga sudah mulai banyak dan berubah warna.

Nantinya para pengunjung yang merupakan warga sekitar maupun dari luar kelurahan bisa mendatangi RPTRA Garuda ketika panen tiba.

Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved