Siap-siap Simpang BCP Kalimalang Arah Jakarta Ditutup Total

"Kendaraan dari arah Bekasi menuju Jakarta akan ditutup total tidak bisa lurus langsung ke arah Kalimalang melalui simpang BCP," kata Johan

Siap-siap Simpang BCP Kalimalang Arah Jakarta Ditutup Total
TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Simpang BCP arah Jakarta menuju Jalan KH Noer Ali Kalimalang Bekasi 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi dalam waktu dekat bakal melakukan rekayasa lalu lintas di Simpang BCP Kalimalang. Hal ini menyusul penyesuaian progres pembangunan Tol Bekasi Cawang Kampung Melayu (Becakayu).

Kepala Bidang Teknik Dishub Kota Bekasi Johan Budi Gunawan, mengatakan, rekayasa diperkirakan akan dilakukan pada akhir Juli 2019. Di Simpang BCP terutama lajur arah Jakarta, akan ada pekerjaan konstruksi berupa pemasangan pier head atau tiang konstruksi jalan tol.

"Kendaraan dari arah Bekasi menuju Jakarta akan ditutup total tidak bisa lurus langsung ke arah Kalimalang melalui simpang BCP," kata Johan Jumat (12/7/2019).

Dishub Kota Bekasi menyiapkan dua skema rekayasa lalu lintas, pertama kendaraan dari arah Bekasi Jalan Mayor M Hasibuan menuju Jakarta akan dialihkan menuju jalan Jenderal Ahmad Yani saat tiba di Simpang BCP.

Selanjutnya, kendaraan diarahkan memutar di u turn atau putar balik di kolong Jalan Layang Pekayon untuk kembali ke arah Simpang BCP. Selanjutnya kendaraan bisa masuk ke Jalan Kalimalang sisi selatan (depan Mal MM) untuk lanjut ke Jakarta.

"Ini skema pertama, kita siapkan dua skema jika pada pelaksaannya kurang maksimal kita langsung ganti ke skema kedua," ungkap Johan.

Untuk skema kedua, Dishub akan membuat sodetan atau celah simpang baru, kendaraan dari arah Bekasi atau Jalan Mayor M Hasibuan akan dialihkan ke Jalan Letjen Sarbini lalu masuk ke Jalan Pengairan sisi selatan Giant Mega Bekasi.

Deden Natshir Cedera Patah Tulang dan Absen 6 Bulan, Pelatih Persib Pertimbangkan Cari Kiper Baru

Barang Milik Pembalap Nasional Diduga Dicuri di Bandara Soekarno-Hatta, Ini Tanggapan Pengelola

Terindikasi Gunakan Ganja, Polisi Amankan Seorang Mahasiswa Fakultas Kesehatan Uhamka

Setelah itu kendaraan langsung melintas di Jalan Ahmad Yani untuk masuk ke Jalan Kalimalang sisi selatan arah Jakarta melalui sodetan baru.

"Kita akan menyodet median Jalan Ahmad Yani supaya dari Jalan Pengairan sisi selatan Giant itu bisa lurus langsung ke Kalimalang, walaupun tidak simetris," papar Johan.

Saat ini pihaknya tengah menyiapkan sejumlah kelengkapan seperti petunjuk jalan serta sosialisasi agar pada saat rekayasa lalu lintas masyarakat telah mengetahui.

"Kalau semua sudah siap baru proyek pembangunan pier head akan dilakukan, yang pasti bulan Juli ini," tandasnya.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved