Warga RT 04 Kelurahan Ciracas Bakal Gelar Festival Makanan

Menurutnya aset utama RT 04/RW 09 bukan tanaman hidroponik atau bank sampah yang telah berbadan hukum, melainkan warganya sendiri.

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Pemukiman warga di RT 04/RW 09 Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (11/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Meski terpilih mewakili Jakarta Timur di Lomba Kota Sehat tingkat Provinsi DKI, warga di RT 04/RW 09 Kelurahan/Kecamatan Ciracas tak langsung berpuas diri.

Pelaksana tugas (Plt) Camat Ciracas Mamad mengatakan satu lini yang bakal ditingkatkan yakni penghijauan, khususnya penghijauan dengan cara hidroponik.

"Andalan di sini hidroponik, kemudian ada produk olahan. Seperti jus sirsak, nanti pak RT juga akan menggelar food festival. Per 6 sekali atau dua tahun satu kali. Rencananya nanti bulan Agustus," kata Mamad di Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (12/7/2019).

Lurah Ciracas Rikia Marwan menuturkan gelaran tersebut merupakan inisiatif warga sendiri yang dalam pelaksanaannya dibantu pemerintah.

Menurutnya aset utama RT 04/RW 09 bukan tanaman hidroponik atau bank sampah yang telah berbadan hukum, melainkan warganya sendiri.

"Jadi memang kesadaran masyarakatnya tinggi, kami hanya men-support. Seperti memberikan bibit tanaman, potensi yang ada sudah tertata," ujar Rikia.

PKK Jakarta Utara Sulap Limbah APK Pemilu 2019 Jadi Tas Belanja

Rikia menyebut Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) jadi bagian penentu dalam segala kegiatan yang kini berjalan.

Menurutnya sinergitas antara PKK di setiap tingkat sudah berhasil membuat RT 04 meraih berbagai prestasi, di antaranya juara I tingkat Provinsi PHBS rumah sehat.

"Kunci dan urat nadi dari semua ini adalah PKK. Tanpa ada kerja sama dari PKK dan kerja sama Dasawisma enggak akan jalan, jadi PKK RT, Kelurahan, semuanya," tuturnya.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved