Lestarikan Kebudayaan Betawi, Pemkot Jakarta Pusat Gelar Lebaran Tenabang 2019

Dalam sambutannya, Bayu menyebut, acara ini terselenggara berkat kolaborasi masyarakat dengan pihak Pemkot Jakarta Pusat.

Lestarikan Kebudayaan Betawi, Pemkot Jakarta Pusat Gelar Lebaran Tenabang 2019
TRIBUNJAKARTA.COM/DIONSIUS ARYA BIMA SUCI
Suana di halaman parkir Yayasan Said Naum, Jalan KH. Mas Mansyur, Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat, lokasi penyelenggaraan Lebaran Tenabang 2019, Sabtu (12/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, TANAH ABANG - Demi terus melestarikan kebudayaan Betawi, Pemkot Jakarta Pusat bekerja sama dengan Yayasan Said Namun menggelar pagelaran seni budaya bertajuk 'Lebaran Tenabang 2019'.

Acara yang dihelat di halaman parkir Yayasan Said Naum, Jalan KH. Mas Mansyur, Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakpus ini dibuka oleh Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara.

Dalam sambutannya, Bayu menyebut, acara ini terselenggara berkat kolaborasi masyarakat dengan pihak Pemkot Jakarta Pusat.

"Mudah-mudahan kerja sama ini menjadi bagian tak terpisahkan untuk menguatkan budaya betawi di Tanah Abang," ucapnya, Sabtu (13/7/2019).

Terlebih, dikatakan Bayu, acara ini memiliki keunikan tersendiri karena adanya lomba 'nyeset kambing' yang digelar antar organisasi massa (ormas) se-Tanah Abang.

Suana di halaman parkir Yayasan Said Naum, Jalan KH. Mas Mansyur, Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat, lokasi penyelenggaraan Lebaran Tenabang 2019, Sabtu (12/7/2019).
Suana di halaman parkir Yayasan Said Naum, Jalan KH. Mas Mansyur, Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat, lokasi penyelenggaraan Lebaran Tenabang 2019, Sabtu (12/7/2019). (TRIBUNJAKARTA.COM/DIONSIUS ARYA BIMA SUCI)

"Ini yang ingin kami gali, potensi dan keunikan dari masyarakat. Ini yang mau kami coba," ujarnya.

"Terlebih sejak dulu Tanah Abang kan dikenal dengan kambingnya," tambahnya.

Ia pun berharap, acara seperti ini bisa rutin diadakan setiap tahunnya dan lomba 'nyeset' kambing bisa menjadi ikon baru Jakarta Pusat.

"Ini lomba 'nyeset' kambing bisa jadi identitas baru Jakarta Pusat. Ciri khas baru," kata Bayu.

Beragam kesenian khas betawi, seperti silat, lenong betawi, dan musik melayu pun turut ditampilkan guna menghibur masyarakat yang datang.

Tak hanya itu, puluhan stand yang menawarkan beragam produk, mulai dari pakaian hingga makanan pun turut hadir dalam acara 'Lebaran Tenabang 2019' ini.

Acara ini sendiri akan dihelat hingga malam hari nanti sekira pukul 21.40 WIB.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved