Kadisdik DKI Jakarta Larang Peserta Didik Baru Bawa Perlengkapan MOS saat Hari Pertama Sekolah

saat ini MOS sudah tidak boleh lagi diadakan melainkan diganti dengan kegiatan bernama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

Kadisdik DKI Jakarta Larang Peserta Didik Baru Bawa Perlengkapan MOS saat Hari Pertama Sekolah
TribunJakarta.com/Pebby Ade Liana
Kadisdik DKI Jakarta Ratiyono, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (8/5/2019). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Peserta Didik baru yang memasuki jenjang sekolah SMP, SMA maupun SMK tidak diperkenankan untuk membawa perlengkapan berlebihan seperti saat "MOS" atau masa orientasi siswa ketika hari pertama masuk sekolah besok.

Pasalnya, menurut Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Ratiyono saat ini MOS sudah tidak boleh lagi diadakan melainkan diganti dengan kegiatan bernama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

"Sekarang namanya masa pengenalan lingkungan sekolah. Jadi guru itu memperkenalkan lingkungan sekolah, kepala sekolahnya, memperkenalkan mana ruang laboratorium, mana kantin, mana kamar mandi, mana anak kelas dua, mana kelas tiga," kata Ratiyono, saat dikonfirmasi Minggu (14/7/2019).

Pada kegiatan MPLS tersebut, para peserta didik baru tidak diperkenankan membawa perlengkapan macam-macam seperti saat Mos.

Mulai dari membawa cokelat, ataupun diminta untuk menggunakan topi khusus dan rambut dikuncir macam-macam.

Menurut Kadisdik DKI ini, kegiatan MPLS ini hanya boleh diisi dengan kegiatan-kegiatan pengenalan lingkungan sekolah, seperti pengenalan ekstra kulikulernya.

"Janganlah, jangan bawa-bawaan, bawa cokelat, itu nggak boleh. Tanaman atau apa itu tinggalkan kebiasaan yang seperti itu," kata Ratiyono.

"Ini himbauannya untuk perkenalan saja dulu jangan ditambahkan yang aneh-aneh, apalagi kalau rambutnya dikuncir, pakai topi yang aneh-aneh, nggak usah sekarang udah beda zamannya," tuturnya.

Sebagai informasi, sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta telah memberikan surat edaran terkait dengan paduan pelaksananaan MPLS.

Hari Terakhir Libur Sekolah, 39 Ribu Orang Kunjungi Ancol Hingga Sore Ini

H-1 Masuk Sekolah, Orang Tua Bawa Anaknya Berlibur di Pantai Ancol

Halaman
12
Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved