Pedagang Alat Tulis di Pasar Jatinegara Ramai Didatangi Pembeli saat Hari Terakhir Liburan Sekolah

Di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur sejak pagi orang tua datang memboyong anaknya untuk memilih alat tulis yang bakal mereka gunakan di sekolah

Pedagang Alat Tulis di Pasar Jatinegara Ramai Didatangi Pembeli saat Hari Terakhir Liburan Sekolah
TribunJakarta.com/Bima Putra
Orang tua saat menemani anaknya berbelanja di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (14/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Banyak orang tua murid yang baru berbelanja barang kebutuhan sekolah pada hari ini atau satu hari sebelum dimulainya ajaran baru.

Di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur sejak pagi orang tua datang memboyong anaknya untuk memilih alat tulis yang bakal mereka gunakan di sekolah.

Rosi (35), mengaku baru dapat menemani anaknya membeli perlengkapan alat tulis sekarang karena baru memiliki uang dan waktu luang.

"Dari kemarin anak saya minta beli buku, tapi baru bisa sekarang. Habis harga kebutuhan kan sekarang naik semua, jadi duitnya baru ada sekarang. Harga alat tulis sama seragam saja naik," kata Rosi di Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (14/7/2019).

Untuk satu pak buku tulis ukuran sedang berisikan 12 buku dengan isi 58 halaman, Rosi harus merogoh uang Rp 35 ribu.

Sementara untuk satu pak buku tulis berisikan 12 buku dengan isi 38 halaman dia harus membayar Rp 25 ribu.

"Kalau yang ukuran besar itu Rp 45 ribu. Ini saya beli dua pak ukuran sedang, buat jaga-jaga kalau dari sekolah gurunya minta dipisah buku PR sama buku catatan," ujarnya.

Merujuk upaya tawar-menawar dengan pedagang di Pasar Jatinegara, Rosi menyebut rata-rata alat tulis mengalami kenaikan sebesar Rp 2 ribu.

Namun dia mengaku tak merasa terlalu terbebani dengan kenaikan harga alat tulis karena lonjakannya tak terlalu berarti.

Begini Solusi Simpang BCP Bekasi Ketika Digusur Proyek Tol Becakayu

"Harganya naik sih, tapi masih batas wajar lah. Ini saya ajak anak belanja biar dia bisa milih gambar bukunya, anak saya sekarang kelas 2 sekolah," tuturnya.

Pardi (50), satu pedagang perlengkapan alat tulis di Pasar Jatinegara mengatakan lonjakan pembeli sudah tampak sejak satu pekan lalu.

Selain buku tulis, Pardi menyebut kebanyakan orang tua membeli tempat pensil berikut pensil, pulpen, penggaris, dan pensil warna.

"Kalau hari ini jumlah pembeli sudah turun, karena besok kan sudah mulai sekolah. Tapi tetap ada saja sih yang beli, kebanyakan datang bawa anaknya biar bisa milih gambar yang disuka," jelas Pardi.

Penulis: Bima Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved