VIDEO Ribuan Warga Mustikajaya Bekasi Semarakkan Festival Adu Bedug dan Dondang

Setiap peserta dari masing-masing kelurahan menghadirkan berbagai macam kebudayaan mulai dari mawaris, tanjidor, ondel-ondel, rebana, hadroh

VIDEO Ribuan Warga Mustikajaya Bekasi Semarakkan Festival Adu Bedug dan Dondang
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Defile warga Kecamatan Mustikajaya saat Festival Bedug dan Dondang 2019. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, MUSTIKAJAYA - Ribuan warga Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi berkumpul di Stadion Mini, Jalan Raya Mustikajaya dalam rangka memperingati festival Adu Bedug dan Dondang 2019.

Kegiatan rutin tahunan itu merupakan kegiatan kebudayaan khas Betawi Kota Bekasi yang telah lama ada. Tahun ini, kegiatan tersebut genap diselenggarakan untuk ke 14 kalinya.

Acara dibuka dengan defile atau arak-arakan yang dilakukan warga perwakilan dari empat kelurahan yang ada di Kecamatan Mustikajaya, diantaranya, Kelurahan Mustikajaya, Kelurahan Pedurenan, Kelurahan Mustikasari dan Kelurahan Cimuning.

"Peserta dari masing-masing kelurahan ada yang 4000 ada yang 3000 bervariasi, kalau ditotal ada 10.000 orang datang di festival ini," kata Gutus kepada wartawan, Minggu (14/7/2019).

Defile dibuka dengan kontingen dari Kelurahan Pedurenan dan ditutup dengan penampilan dari kontingen Kelurahan Mustikasari. Arak-arakan dilakukan disepanjang Jalan Raya Mustikajaya depan kantor kecamatan.

Walikota Bekasi Rahmat Effendi hadir dalam acara tersebut bersama para tokoh Kecamatan Mustikajaya, sambil menyapa setiap kontingen yang melintas.

Setiap peserta dari masing-masing kelurahan menghadirkan berbagai macam kebudayaan mulai dari mawaris, tanjidor, ondel-ondel, rebana, hadroh, pencak silat hingga drum band.

Namun tidak kalah penting, setiap kontingen peserta membawa bedug dan dondang yang dihias dengan berbagai macam rupa. Bedug dan dondang ini merupakan inti dari acara kebudayaan khas warga Mustikajaya Kota Bekasi.

"Setiap tahun acara ini digelar dan tahun ini adalah yang ke 14 kalinya, antusias masyarakat semakin meningkat menghadiri acara kebudayaan lokal ini," ujar dia.

Halaman
12
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved