Berdiri di Bantaran Kali Krukut, 29 Bangunan Liar Dibongkar Satpol PP Tanah Abang

Petugas Satpol PP membongkar 29 bangli yang berdiri di sepanjang bantaran aliran Kali Krukut, RT 09/02, Karet Tengsing,Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Dok Istimewa Pemkot Jakarta Pusat.
Sejumlah petugas Satpol PP tengah melakukan pembongkaran bangunan liar di bantaran aliran Kali Krukut, Karet Tengsing, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (15/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, TANAH ABANG - Petugas Satpol PP membongkar 29 bangunan liar (bangli) yang berdiri di sepanjang bantaran aliran Kali Krukut, RT 09/02, Karet Tengsing,Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Ada 29 bangli yang dihuni oleh 29 KK di sepanjang anak kali Krukut si Kelurahan Karet Tengsing yang kami bongkar," ucap Camat Tanah Abang Yassin Pasaribu, Senin (15/7/2019).

Bangunan liar di bantaran aliran Kali Krukut, Karet Tengsing, Tanah Abang, Jakarta Pusat tampak sudah rata dengan tanah setelah sebelumnya dibongkar puluhan petugas Satpol PP, Senin (15/7/2019).
Bangunan liar di bantaran aliran Kali Krukut, Karet Tengsing, Tanah Abang, Jakarta Pusat tampak sudah rata dengan tanah setelah sebelumnya dibongkar puluhan petugas Satpol PP, Senin (15/7/2019). (Dok Istimewa Pemkot Jakarta Pusat.)

Sebelum melakukan pembongkaran, Yassin menyebut, pihaknya telah terlebih dahulu melakukan sosialisasi dan mengimbau warga untuk meninggalkan lokasi tersebut.

Bahkan, surat peringatan telah tiga kali dilayangkan oleh pihak Kecamatan Tanah Abang kepada para penghuni bangli tersebut.

"Kalau untuk sosialisasi sudah dilakukan sejak Ramadan beberapa waktu lalu dan alhamdulillah mereka tidak mempermasalahkan hal itu," ujarnya kepada awak media usai penertiban pedagang kaki lima di Jalan Fakhrudin, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Ia pun menyebut, beberapa orang penghuni telah meninggalkan lokasi tersebut. Bahkan, ada yang secara sadar membongkar tempat tinggalnya sendiri.

"Sebagian sudah ada yang pindah dan ada sebagian juga yang telah membongkar bangunannya sendiri," kata Yassin.

Penertiban ini sendiri dilakukan untuk membuka akses jalan inspeksi kali krukut yang terputus akibat adanya bangunan liar di sepanjang aliran tersebut.

"Tujuan kami ingin memfungsikan kembali jalur inspeksi Kali Krukut di Kelurahan Karet Tengsing, Tanah Abang, Jakarta Pusat," ucapnya.

Videonya Pakai Baju Renang Beredar & Banjir Hujatan, Ayu Ting Ting Ketus: Masa Berenang Pakai Jubah

Indonesia Open 2019: Pujian Kento Momota, Praveen Jordan Siap Tebus 3 Titel Runner-up

Dijelaskan Yassin, proses penertiban bangli ini sendiri melibatkan 30 personel Satpol PP dari kecamatan maupun kelurahan.

Proses pembongkaran pun berlangsung tertib dan aman lantaran pihaknya melakukan penertiban secara persuasif.

"Kami selalu mengedepankan cara persuasif dalam melakukan pembongkaran ini," ujarnya.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved