Rumah Dibongkar, Warga Bantaran Kali Krukut Direlokasi ke Rusun Pinus Elok

Sebanyak 29 kepala keluarga yang selama ini tinggal di bantaran Kali Krukut, Tanah Abang, direlokasi ke Rusun Pinus Elok, Jakarta Timur.

Rumah Dibongkar, Warga Bantaran Kali Krukut Direlokasi ke Rusun Pinus Elok
Dok Istimewa Pemkot Jakarta Pusat.
Bangunan liar di bantaran aliran Kali Krukut, Karet Tengsing, Tanah Abang, Jakarta Pusat tampak sudah rata dengan tanah setelah sebelumnya dibongkar puluhan petugas Satpol PP, Senin (15/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, TANAH ABANG - Sebanyak 29 kepala keluarga yang selama ini tinggal di bantaran Kali Krukut, Tanah Abang, direlokasi ke Rusun Pinus Elok, Jakarta Timur.

"Warga sudah setuju (direlokasi). Bahkan, warga sudah dapat kunci, sudah diundi," ucap Camat Tanah Abang Yassin Pasaribu kepada awak media, Senin (15/7/2019).

"Mereka tinggal pindah saja ke sana," tambahnya.

Lurah Karet Tengsing Ichsan Kamil mengatakan, penertiban ini bisa dijadikan role model karena pihaknya tidak hanya membongkar, tapi memberikan fasilitas relokasi bagi penghuninya.

"Ini justru menjadi role model. Jadi tidak menertibkan lalu dibiarkan begitu saja, tapi kami fasilitasi semua, baik mobil untuk pindahan, sampai angkut barang ke blok rusun yang dihuni," ujar Ichsan Kamil.

Tak hanya menyediakan tempat tinggal yang lebih layak, Ichsan menyebut pihaknya turut memberikan fasilitas kependudukan bagi penghuni bangunan liar yang belum terdaftar sebagai warga Jakarta.

"Syarat mendapatkan rusun kan harus ber-KTP DKI Jakarta, jadi kami bantu urus kependudukannya. Pokoknya semua administrasi kami bantu," kata Ichsan.

Baru 29 dari total 150 bangunan liar yang dibongkar. Namun Ichsan Kamil memastikan pembongkaran akan bertahap dan mengembalikan fungsi jalur inspeksi Kali Krukut.

"Total ada 150 KK dan yang baru direkolasi ada 29 KK. Jadi belum semua kami bongkar, kami masih menunggu kesiapan untuk membangun," ucapnya.

"Jangan sampai kami bongkar, tapi belum dibangun, kan sayang, nanti malah ditempati lagi," tambah dia.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved