Polisi Beberkan Peran 4 Tersanga Penyelundup 30 Kilogram Sabu Asal Malaysia

Polisi membeberkan peran keempat tersangka dalam pengungkapan 30 kilogram sabu asal Malaysia di Riau.

Polisi Beberkan Peran 4 Tersanga Penyelundup 30 Kilogram Sabu Asal Malaysia
TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra
Para tersangka di Mapolres Jakarta Barat dalam kasus pengungkapan 30 kilogram sabu asal Malaysia di Riau. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PALMERAH - Polisi membeberkan peran keempat tersangka dalam pengungkapan 30 kilogram sabu asal Malaysia di Riau.

Adapun keempat tersangka yakni HA (26), AR (20), PA (49) dan SB (37) yang diamankan di dua tempat berbeda di Riau pada Selasa (9/7/2019).

Kanit 1 Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKP Arif Purnama Oktora mengatakan tersangka PA adalah orang yang dihubungi oleh AT (DPO) untuk menerima kiriman sabu asal Malaysia dari kapal ikan di pinggiran Sungai Dumai.

"PA ini juga diperintahkan oleh AT untuk memodifikasi dashboard mobil Xenia yang akan digunakan untuk membawa sabu ke Jakarta," kata Arif di halaman parkir Mapolres Metro Jakarta Barat, Selasa (16/7/2019).

Setelah mendapat tugas tersebut, PA kemudian memerintahkan HA dan AR agar memodifikasi dashboard mobil Xenia silver B 1266 FOP yang akan digunakan untuk membawa sabu.

Adapun modifikasi tersebut meliputi dicopotnya saringan AC di dashboard mobil sehingga ukuran dalam dashboard menjadi lebih besar.

Rumor Politik Uang di Pemilihan Wagub DKI, Syarif: Rian Ernest Halusinasi

Cerita Kanit 1 Narkoba Polres Jakarta Barat Ungkap Penyelundupan 30 Kilogram Sabu Asal Malaysia

Setelah semuanya siap, ketiga tersangka dengan menggunakan dua mobil, dimana satu mobil lainnya yakni Toyota Innova bertugas sebagai pengendali sekaligus pengawas dalam pengiriman tersebut datang ke pinggiran sungai di daerah Dumai yang telah disepakati.

"Tiga tersangka itu kemudian kami amankan di Jalan Damai, Desa Sungai Tengah, Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak, Riau setelah diwarnai aksi kejar-kejaran dengan polisi," kata Arif.

Berdasarkan pengakuan ketiga tersangka, ujar Arif, rencananya barang tersebut akan diserahkan kepada seseorang berinisial SB.

Setelah dipancing menggunakan metode controlled delivery, SB pun berhasil diamankan di Jalan Jenderal Sudirman, Simpang Tiga, Kecamatan Bukit Jaya, Pekanbaru, Riau.

"Dari tersangka SB, sabu itu diperintahkan oleh MB yang masih DPO untuk diedarkan di Jakarta," kata Arif.

Kini, polisi pun tengah memburu pihak-pihak yang diduga terlibat dalam penyelundupan sabu jaringan internasional ini.

Penulis: Elga Hikari Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved