Respon Wali Kota Jakarta Selatan Soal Pedagang Pasar Mayestik Minta Kantong Belanja

Pedagang di Pasar Mayestik yang berharap Pemkot Jakarta Selatan menyediakan kantong belanja ramah lingkungan langsung mendapat respon.

Respon Wali Kota Jakarta Selatan Soal Pedagang Pasar Mayestik Minta Kantong Belanja
TribunJakarta.com/Annas Furqon Hakim
Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali saat ditemui di lobi kantornya, Selasa (16/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBAYORAN BARU - Pedagang di Pasar Mayestik yang berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan menyediakan kantong belanja ramah lingkungan langsung mendapat respon.

Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali mengatakan, pihaknya bakal menyusun rencana untuk menyediakan kantong belanja ramah lingkungan di setiap pasar.

"Nanti industrinya kita minta siapkan yang ramah lingkungan ke pasar. Kita akan arahkan ke sana," kata Marullah saat ditemui di lobi kantornya, Selasa (16/7/2019).

Ia menyadari jika sampai saat ini masih banyak masyarakat yang belum memahami pentingnya mengurangi penggunaan kantong plastik.

Oleh sebab itu, lanjut dia, penting bagi pemerintah untuk terus melakukan kampanye.

"Saya kira penting bagi kita di Jakarta, khususnya Jakarta Selatan, mengkampanyekan terus seperti ini. Pertama untuk penyediannya, kedua untuk penggunaannya,"ujar Marullah.

"Tapi memang belum ada opsi lain untuk kantong plastik. Jadi perlu pemerintah melakukan (kampanye) secara rutin," lanjut dia.

Sebelumnya, sejumlah pedagang di Pasar Mayestik berharap Pemkot dapat menyediakan kantong belanja ramah lingkungan.

Mereka menilai, masih dipakainya kantong plastik hingga saat ini disebabkan karena harganya yang murah, yakni Rp 15 ribu per 10 kantong.

Halaman
123
Penulis: Annas Furqon Hakim
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved