Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa Berdayakan Orang dengan Gangguan Jiwa Bisnis Cuci Steam

Pada bulan September tahun 2017 akhirnya PSBLHS 2 resmi membuka steam cuci motor yang diberi nama 'Kube Larasakti'.

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPAYUNG - Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa (PSBLHS) 2, Cipayung, Jakarta Timur memberdayakan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dengan membuka steam cuci motor.

Melihat potensi pada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang sudah mulai stabil, pihak pengurus di PSBLHS 2 mulai menggandeng Corporate Social Responsibility (CSR) untuk pembuatan tempat pencucian motor.

Pada bulan September tahun 2017 akhirnya PSBLHS 2 resmi membuka steam cuci motor yang diberi nama 'Kube Larasakti'.

Dengan anggota Warga Binaan Sosial (WBS) sebanyak enam orang, yakni Gustu, Budi, Radi, Edi, Arjuna dan Azis, tempat pencucian ini masih berlangsung hingga saat ini.

"Ini sudah ada sejak September 2017 itu. Jadi satu harinya dua orang yang tugas jaga. Nanti mereka catat di buku seharinya ada berapa orang yang cuci motor di sini. Mereka yang di sini memang pure dari kemauan sendiri," salah satu petugas sosial, I Wayan Suwija, Selasa (16/7/2019).

Mengamuk hingga Lukai Diri Sendiri, Orang dengan Gangguan Jiwa Diamankan Petugas Sosial di Ragunan

Sebelun diterjunkan langsung untuk melayani masyarakat umum, ke-6 WBS ini melakukan pelatihan terlebih dahulu di steam yang ada disekitar lingkungan PSBLHS 2.

"Untuk sampai bisa cuci motor ini, mereka magang dulu. Seminggu diajarin di cucian motor dekat sini didamping satu orang petugas sosial. Selama seminggu mereka dikasih tau cara bersihkan yang benar dan lain sebagainya dulu. Sampai akhirnya bisa diberdayakan di sini," lanjut Wayan.

Steam cuci motor ni terletak di depan PSBLHS 2 dan buka mulai 09.00-17.00 WIB. Untuk motor dikenakan biaya Rp 10 ribu dan mobil Rp 20 ribu.

Nantinya hasil steam akan dibagikan juga sebagai upah para WBS. Dari satu ke kendaraan, per WBS akan mendapatkan upah Rp 2 ribu dan sisanya dialokasikan untuk kas. Kas ini nantinya untuk operasional steam kembali.

Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved