Jadi Penggagas Bahasa Indonesia, Kemendikbud RI Minta Anies Abadikan M Tabrani Jadi Nama Jalan

Menurutnya, sosok M Tabrani sangat layak dibuatkan jalan di Ibukota lantaran memiliki jasa yang besar di bidang kebahasaan.

Jadi Penggagas Bahasa Indonesia, Kemendikbud RI Minta Anies Abadikan M Tabrani Jadi Nama Jalan
TribunJakarta/Satrio Sarwo Trengginas
Suasana ziarah makam M.Tabrani pada Kamis (8/7/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Satrio Sarwo Trengginas

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBAYORAN LAMA- Badan Bahasa dan Perbukuan Kemendikbud RI mengusulkan kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, untuk memberikan nama jalan kepada sosok penggagas Bahasa Indonesia, M Tabrani.

Usul itu disampaikan oleh Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kemendikbud RI, Dadang Sunendar.

Menurutnya, sosok M Tabrani sangat layak dibuatkan jalan di Ibukota lantaran memiliki jasa yang besar di bidang kebahasaan.

"Saya akan mengusulkan kepada Gubernur DKI Jakarta agar memberikan nama jalan dengan nama M Tabrani. Harapannya dibuatkan di dekat museum Sumpah Pemuda," ujarnya saat ditanyai TribunJakarta.com saat ziarah ke makam M Tabrani di TPU Tanah Kusir pada Kamis (18/7/2019)

Dadang juga berharap apabila usul itu dikabulkan pemberian nama jalan untuk M Tabrani tidak berada di jalan yang sempit.

Sebagian jalan Kramat Raya, lanjut Dadang, yang akan diusulkan untuk diubah lantaran dekat dengan Museum Sumpah Pemuda, perjuangan yang lekat dengan M Tabrani.

"Bukan jalan yang kecil, beliau ini kan tokoh perintis kemerdekaan," terangnya.

Proses usulan pemberian nama jalan, lanjut Dadang, seiring dengan usulan pemberian nama gelar pahlawan kepada M Tabrani.

"Di satu sisi kita mengusulkan apa tahapan untuk menjadi pahlawan nasional, di sisi lain usul itu juga jalan. Ya kalau enggak di Jakarta juga bisa di Madura (tempat kelahiran beliau). Bisa saja kalau Gubernur Jawa Timur punya pemikiran yang sama," lanjutnya.

Jadi Pencetus Bahasa Indonesia, Kemendikbud RI Usulkan M Tabrani Jadi Pahlawan Nasional

Rius Vernandes Dilaporkan karena Posting Menu Garuda, Tanggapan Baim Wong & Chef Arnold Tuai Sorotan

Singkirkan Wakil Jerman, Ahsan/Hendra Wakil Merah Putih Pertama Lolos ke 8 Besar Indonesia Open

Sebelumnya, Dadang Sunendar telah mengganti nama salah satu gedung yang paling besar di Badan Bahasa dan Perbukuan di Rawamangun menjadi nama M Tabrani sejak dua bulan silam.

"Saya sudah menandatangani perubahan nama itu. Awalnya gedung Samudra sekarang jadi gedung M Tabrani," kata Dadang dalam sambutannya saat ziarah di makam M Tabrani.

Penulis: Satrio Sarwo Trengginas
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved