Pemprov DKI Sebut Lulusan SMK Swasta Banyak Sumbang Pengangguran di Ibu Kota

Lulusan SMK yang selayaknya dapat langsung bekerja usai lulus hingga kini masih mendominasi jumlah pengangguran usia produktif di Provinsi DKI Jakarta

Pemprov DKI Sebut Lulusan SMK Swasta Banyak Sumbang Pengangguran di Ibu Kota
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Kadisnarkertrans Provinsi DKI Jakarta Andri Yansyah di Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (18/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI -Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang selayaknya dapat langsung bekerja usai lulus hingga kini masih mendominasi jumlah pengangguran usia produktif di Provinsi DKI Jakarta.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan kebanyakan pengangguran itu merupakan lulusan SMK swasta.

"Begitu kita teliti dan telusuri, ternyata banyak berasal dari SMK swasta yang memang alat peraganya sangat terbatas," kata Andri di Pusat Pelatihan Kerja Khusus Pengembangan Las, Jakarta Timur, Rabu (18/7/2019).

Meski tak merinci berapa banyak SMK swasta di DKI yang kekurangan fasilitas belajar, Andri menyebut kurangnya fasilitas membuat kualitas lulusan SMK swasta rendah.

Dia mencontohkan lulusan SMK swasta namun tak sepenuhnya mampu mengoperasikan komputer karena di SMK tempatnya belajar kekurangan komputer.

"Rencananya kalau memang diizinkan kita akan meremajakan alat-alat yang sudah agak lama, seperti komputer dan segala macamnya. Nah komputer yang lama itu kita sumbangkan ke SMK," ujarnya.

Andri menilai sumbangan aset yang dilakukan saat Pemprov DKI melakukan peremajaan aset merupakan cara meningkatkan mutu lulusan SMK.

Pun mengaku analisanya tak didasari kajian dan tak gamblang menyebut mutu SMK Negeri lebih baik, dia menyebut kebanyakan lulusan SMK swasta hanya memiliki bekal teori.

"Selama ini dia enggak punya alat peraga, sehingga dia hanya belajar teorinya, tidak praktiknya. Itu analisa sementara, Tapi kalau yang SMK sudah bagus, termasuk alat peraganya bagus. Insya Allah dia sudah tersalurkan banyak," tuturnya.

Ketika Pemain Ini Jadi Starting IX, Persib Bandung Selalu Menang di 2 Laga

Viral Age Challenge, 3 Aplikasi ini Bisa untuk Edit Wajah Jadi Tua atau Muda Lengkap dengan Caranya

Dalam lingkup nasional, lulusan SMK juga masih mendominasi jumlah pengangguran yang berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) hingga Februari 2019 tercatat 6,82 juta orang.

BPS mencatat jumlah pengangguran terbuka didominasi lulusan SMK, yakni 8,63 persen, lulusan SMA 7,19 persen, lulusan SMP 5,18 persen, dan lulusan SD sebanyak 2,56 persen.

Penulis: Bima Putra
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved