Anies Baswedan Bakal Lebih Banyak Undang Pengrajin Bahan Lokal Pamerkan Karya di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berniat mengundang para pengrajin Indonesia untuk memamerkan karya seni sebagai upaya mempercantik Ibu Kota.

Anies Baswedan Bakal Lebih Banyak Undang Pengrajin Bahan Lokal Pamerkan Karya di Jakarta
TribunJakarta.com/Pebby Ade Liana
Sejumlah masyarakat antre untuk berfoto di depan karya instalasi Getah-getih yang diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kawasan Bundaran HI Jakarta Pusat Minggu, (19/8/2018) 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berniat lebih banyak mengundang para pengrajin Indonesia untuk memamerkan karya seni buatannya sebagai upaya mempercantik Ibu kota.

Para pengrajin tersebut, dikhususkan bagi seniman-seniman yang menggunakan bahan-bahan lokal saja sebagai bahan dasar utama pembuatan karyanya.

"Kita akan lebih sering lagi mengundang para seniman, terutama yang menggunakan bahan-bahan lokal untuk menunjukkan karyanya di sini. Sama seperti karya seni yang lain, kalau mereka mempresentasikan pasti ada durasi waktunya dan durasi waktu itu yang normal saja," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Sebelumnya, Anies mengajak seniman Joko Avianto untuk membuatkan instalasi dari anyaman bambu bernama Getih Getah yang dipajang di kawasan Bundaran HI untuk menyambut Asian Games pada Agustus 2018 lalu.

Sudah 11 bulan lamanya, instalasi anyaman bambu tersebut akhirnya dibongkar pada Rabu 17 Juli 2019 lalu.

Sebab, bambu yang digunakan sudah rapuh akibat terpapar panas dan hujan hingga dikhawatirkan akan membahayakan.

Ia pun mengaku akan membuat instalasi serupa untuk mempercantik titik-titik Ibu kota.

Mulai dari taman-taman, Bundaran HI, atau titik-titik lainnya yang sekiranya memiliki tempat untuk menampung karya tersebut.

"Harapannya nanti nuansa yang ada adalah nuansa ke Indonesiaan lebih kuat. Di mana saja, jadi tidak harus di lokasi yang sama (HI). Tapi kita akan mengundang lebih banyak pengrajin, seniman-seniman yang menggunakan material lokal untuk mengekspresikan karyanya di Jakarta," beber Anies.

Halaman
1234
Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved