Lebaran Betawi di Monas, Pemkot Jakarta Utara Tampilkan Miniatur Rumah Si Pitung

Pemerintah Kota Jakarta Utara menghadirkan Miniatur Rumah Betawi dalam Lebaran Betawi 2019, yang digelar di Monas, Gambir, Jakarta Pusat.

Lebaran Betawi di Monas, Pemkot Jakarta Utara Tampilkan Miniatur Rumah Si Pitung
Istimewa/Dokumentasi Koninfotik Jakarta Utara
Persiapan membuat Miniatur Rumah Si Pitung dan Rumah Betawi oleh sejumlah petugas untuk Lebaran Betawi 2019, yang digelar di Monumen Nasional, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (18/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Afriyani Garnis

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Pemerintah Kota Jakarta Utara menghadirkan Miniatur Rumah Betawi dalam Lebaran Betawi 2019, yang digelar di Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat.

Kepala Suku Dinas Pariwisata Jakarta Utara, Rus Suharto mengatakan, miniatur rumah si Pitung yang dipamerkan persis dengan aslinya yang ada di kawasan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara.

Bentuknya pun berupa rumah panggung dan juga berwarna merah bata.

“Rumah si Pitung kita hadirkan dalam acara Lebaran Betawi. Ini sudah menjadi ciri khas Betawi yang berada di Jakarta Utara,” kata Rus, saat dikonfirmasi, Jumat (19/7/2019).

Tidak hanya Rumah si Pitung, enam rumah betawi juga dihadirkan sebagai perwakilan enam kecamatan yang di Jakarta Utara.

Desainnya pun dilengkapi dengan berbagai ornament khas Betawi antara lain ondel-ondel, gigi balang hingga kembang kelapa.

Kegiatan itu pun turut dimeriahkan bintang tamu artis Betawi yakni Mpok Tonah, Kubil, dan Sabar bin Bokir.

Dilengkapi juga dengan sejumlah kreasi seni kebudayaan Betawi mulai dari Keroncong Tugu, ondel-ondel, gambang kromong, komedi betawi, atraksi silat Betawi, gambus, perkusi religi Jakarta Utara yang unggul di DKI Jakarta, orkes samrah, hingga penayangan video mapping 12 jalur destinasi Jakarta Utara.

“Saat ini masih dalam persiapan. Nanti malam sudah dapat dipamerkan sesuai jadwal dari provinsi. Acaranya yang kita tampilkan akan dimulai besok (Sabtu) pagi,” Jelas Rus.

Vicy Melanie Keceplosan Meragukan Kesetiaan Sang Pacar, Begini Reaksi Spontan Kevin Aprilio

Tips Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Buat Jemaah Haji Agar Tidak Kepanasan di Mekkah

Bahkan tak hanya minatur dan kesenian saja, untuk konsumsi yang disediakan pun menyesuaikan ciri khas Betawi di Jakarta Utara.

Diantaranya, oblok, telur asin udang, semur jengkol, soto Betawi, kerak telor, es kelapa dan es selendang mayang.

“Budaya Lebaran Betawi sebagai bingkai budaya masyarakat Jakarta. Serta memperkenalkan destinasi, dan menjadi ikon untuk mendatangkan wisatawan pada saat acara berjalan,” paparnya.

Penulis: Afriyani Garnis
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved