Pemprov DKI Berencana Selenggarakan Formula E, Pengamat Minta Keselamatan Penonton Dikaji Matang

Pengamat tata kota Yayat Supriatna meminta kepada Pemerintah DKI untuk mengkaji betul-betul aspek keselamatan dan keamanan di lokasi

Pemprov DKI Berencana Selenggarakan Formula E, Pengamat Minta Keselamatan Penonton Dikaji Matang
Istimewa/Facebook Anies Baswedan
Jakarta akan menjadi tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E pada 2020 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Ibu Kota DKI Jakarta akan menjadi tuan rumah dalam ajang balap mobil bergengsi Formula E pada pertengahan tahun 2020 mendatang.

Menurut Dinas Perhubungan DKI Jakarta, setidaknya ada dua alternatif lintasan yang sudah disurvei oleh pihak penyelenggara yang nantinya akan digunakan untuk ajang balap mobil bergengsi tersebut. Rute tersebut, meliputi Jalan di sekitar Gambir dan kawasan Monas Jakarta Pusat.

Merespon hal ini, Pengamat tata kota Yayat Supriatna meminta kepada Pemerintah DKI untuk mengkaji betul-betul aspek keselamatan dan keamanan di lokasi.

"Dari sisi tata kotanya, ini kan membangun sirkuit di tengah kota, kalau membangun sirkuit ditengah kota aspek keselamatan, keamanan tuh menjadi nomor satu. Nah jalan-jalan yang ada didalam kota tuh kira kira sudah layak tidak untuk dijadikan sirkuit," kata Yayat saat dikonfirmasi, Jumat (19/7/2019).

"Jadi persoalannya bukan persoalan hanya mengadakan balapan ditengah kota. Tapi bagaimana membangun sirkuit yang aman, keselamatan penonton terjamin," ungkapnya.

Yayat, meminta kepada Pemprov DKI Jakarta untuk mengkaji secara matang perencanaan tersebut dari berbagai aspek.

Hal ini mengingat, bahwa kegiatan ini akan dihadiri oleh banyak orang.

Aspek keamanan penonton pun harus diutamakan. Ia pun mencontohkan bahwa Jakarta harus belajar dari Singapura yang sudah sukses menggelar pertandingan Formula 1.

"Makanya di sini kita minta, kajilah dari kondisi jalan dari geometriknya bagaimana, kecepatan kendaraannya nanti berapa, panggungnya dimana, itu menjadi hal penting untuk menjadi pertimbangan bagi aspek keselamatan penonton maupun penyelenggara," kata dia.

MINI Luncurkan 60 Years Edition di GIIAS 2019, Mobil yang Memadukan Tema Klasik dan Modern

Sekarga Cabut Laporan Terhadap Rius Vernandes, YLKI Harap Tak Ada Lagi Tuntutan kepada Konsumen

Halaman
12
Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved