RSU Tangsel Direkomendasikan Turun Tipe Setara Puskesmas, Kepala Dinas Kesehatan Keberatan

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) merekomendasikan 615 rumah sakit di seluruh Indonesia turun tipe, termasuk tiga di antaranya ada di Tangerang Selatan

RSU Tangsel Direkomendasikan Turun Tipe Setara Puskesmas, Kepala Dinas Kesehatan Keberatan
TribunJakarta.com,/Jaisy Rahman Tohir
Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, dan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan, Deden Deni, di Universitas Pamulang, Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (14/12/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, SERPONG - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) merekomendasikan 615 rumah sakit di seluruh Indonesia turun tipe, termasuk tiga di antaranya ada di Tangerang Selatan (Tangsel).

Hal itu diungkapkan pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan (Dinekes), Deden Deni saat ditemui di kantornya, Serpong, Jumat (19/7/2019).

Deden memaparkan ada dua rumah sakit yang direkomendasikan untuk turun tipe dari tipe C menjadi tipe D, yakni Rumah Sakit Insan Permata dan Rumah Sakit Umum (RSU) Tangsel.

Sedangkan Rumah Sakit Vitalaya hanya diberikan catatan.

"Ada 3 rumah sakit di Tangsel ini. Yang satu tetap tipe C cuma dengan catatan. Yang lain ada juga yang direkomendasi turun ke tipe D. Masa RSU diturunin setara Puskesmas," ujar Deden.

Deden belum mengetahui benar cara audit yang dilakukan Kemenkes sehingga menurunkan rekomendasi turun tipe itu.

Ia hanya mengetahui pihaknya diminta untuk mengirimkan laporan via aplikasi sarana dan prasarana alat kesehatan (ASPAK).

Jemaah Haji Wafat di Madinah Menjadi 7 Orang, Ini Daftar Namanya

GIIAS Resmi Dibuka untuk Umum Hari Ini, Segera Cek Harga Tiket Masuk

Camat Jatinegara Akui Remaja Sekitar TPU Prumpung Sering Tawuran

"Kami sudah koordinasi dengan Dinkes provinsi Banten dan dalam waktu dekat kita akan rapat koordinasi menindaklanjuti hasil rekomendasi dari Kemenkes ini," ujarnya.

Deden memiliki 35 hari untuk menyampaikan keberatan dengan memberikan laporan yang lengkap tentang kondisi RSU Tangsel.

"Keberatan, kami tidak menerima rumah sakit turun ke tipe D. Dan itu bukan tanpa alasan, itu dengan alasan yang kuat dan akan kami perkuat dengan dokumen yang kami miliki," jelasnya.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved