VIDEO Kebakaran di Samping Kantor Pos Bekasi, Diduga Berasal dari Bakaran Sampah

Kebakaran belasan lapak dagangan atau kios samping Kantor Pos Bekasi, Jalan Lapangan Multiguna diduga berasal dari bakaran sampah.

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Kebakaran belasan lapak dagangan atau kios samping Kantor Pos Bekasi, Jalan Lapangan Multiguna, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi diduga berasal dari bakaran sampah.

Kasi Rencana operasi pemadaman dan penyelamatan Dinas Kebakaran (Damkar) Kota Bekasi Yana Rohyana mengatakan, sedikitnya 15 bangunan kios ludes dalam insiden kebaran tersebut.

"Dugaan api berawal dari bakaran sampah dan merambat lapak dagangan, ada 15 lapak, dengan luas area sekitar 700 meter persegi," kata Yana kepada TribunJakarta.com, Kamis (18/7/2019).

Damkar Kota Bekasi menerjunkan sebanyak enam unit mobil pemadam, api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 22.00 WIB. Sampai saat ini petugas masih melakukan pendinginan di lokasi kebakaran.

"Untuk data lengkap kita masih kumpulkan tapi yang pasti tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," jelas dia.

Pantauan TribunJakarta.com, selama proses pemadaman berlangsung, kawasan jalan Multiguna dan Jalan Lapangan Tengah ditutup total. Warga sekitar nampak berkerumun meyaksikan proses pemadaman.

Prakiraan Cuaca Jumat 19 Juli 2019, BMKG Prediksi Sebagian Wilayah Jakarta Hujan

Tengah Bacakan Putusan, Hakim Diserang Pengacara dengan Ikat Pinggang di PN Jakarta Pusat

Adapun untuk gedung Kantor Pos Bekasi yang berada disamping kios, selamat dari insiden kebaran ini, petugas Damkar terlihat melakukan pemadaman awal dari arah Kantor Pos agar api tidak merambat.

Iyong pedagang ayam bakar mengatakan, api awalnya terlihat dari arah belakang komplek kios. Dia sempat berusaha memadamkan dengan menyiramkan air namun api terlalu cepat menyambar.

"Enggak tahu awalnya kebakar karena apa, tahu-tahu ada api dari belakang langsung nyamber bangunan," kata Iyong.

Kebakaran terjadi di komplek lapak jualan di samping Kantor Pos Bekasi.
Kebakaran terjadi di komplek lapak jualan di samping Kantor Pos Bekasi. (TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar)

Belasan kios yang hangus terbakar didominasi bangunan semi permanen, api dapat dengan cepat menyambar hingga meratakan seluruhnya. Iyong mengaku saat itu dia tidak sempat mentelamatkan barang-barang berharganya.

"Cuma motor aja yang selamat, selebihnya udah enggak sempet dikeluarin keburu kebakar semua," jelas dia.

Kios yang terbakar terdiri dari berbagai macam, mulai dari pedagang makanan, pedagang kopi, toko obat dan sebagainya. Di belakangan bangunan kios terdapat lokasi pengepul pemulung yang juga ikut hangus terbakar. Api juga diduga berasal dari dari tempat tersebut.

"Semua pedagang berhasil kabur, saya tadi itu sedang pas mau nutup warung tapi masih ada pelanggan, ya semuanya kabur," tandasnya.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved