Dikira Kuli Bangunan, 2 Maling Gudang Material Proyek Perumahan Cikarang Diringkus Polisi

"Ketika korban datang ke TKP melihat sejumlah barang alat-alat meterialnya hilang, seperti gerinda, kunci pintu, engsel pintu, stop kontak," papar Ali

Dikira Kuli Bangunan, 2 Maling Gudang Material Proyek Perumahan Cikarang Diringkus Polisi
Dokumen Humas Polsek Cikarang Selatan
Barang bukti hasil curian yang dilakukan pelaku di gudang material proyek perumahan di Cikarang Selatan 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Jajaran Polsek Cikarang Selatan berhasil mengamankan dua dari tiga pelaku pencurian disebuah gudang material proyek perumahan Pondok Indah Gempol II, Kampung Gempol Desa Sukadami, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi.

Dua pelaku yang berhasil ditangkap yakni, Endra Kusmawan (36) dan Abdul Rojak (23), sedangkan satu pelaku lain berinisial D (25) tahun berhasil melarikan diri ketika hendak diamankan petugas di sebuah rumah kontrakan didaerah Cikarang Selatan.

"Kejadian pencurian terjadi pada Selasa (16/7) siang, ketiga pelaku masuk kedalam gudang seperti layaknya kuli bangunan sehingga warga sekitar tidak mengetahuinya," kata Alin saat dikonfimasi, Sabtu (20/7/2019).

Kasus ini baru diketahui ketika petugas keamanan setempat melihat kondisi gudang dalam keadaan terbuka serta kuncinya rusak akibat dibobol. Selanjutnya, petugas keamanan tersebut memberitahukan pemilik gudang bernama Jap Hudianto Wibowo (66).

"Ketika korban datang ke TKP melihat sejumlah barang alat-alat meterialnya hilang, seperti gerinda, kunci pintu, engsel pintu, stop kontak," papar Alin.

Warga sekitar tempat kejadian lantas memberitahukan bahwa terdapat tiga orang yang masuk ke dalam gudang. Namun kala itu tidak ada yang merasa curiga karena pelaku berpura-pura kepada warga bahwa mereka kuli bangunan yang bekerja kepada Hudianto.

"Pelaku pura-pura kalau mereka diperintah korban untuk membawa barang-barang metrial itu, mereka bilang adalah pekerjanya jadi warga enggak ada yang curiga," jelas dia.

Selanjutnya, dibantu warga setempat, korban lantas mencari tahu keberadaan pelaku yang kabarnya mengontrak tidak jauh dari lokasi. Di rumah kontrakan didapati barang bukti hasil curian sedangkan para pelaku sedang tidak ada ditempat.

"Korban selanjutnya melapor ke polsek setelah itu anggota langsung melakukan pengejaran, dua pelaku ditangkap di daerah Cikarang Selatan tidak jaug dari lokasi, sedangkan satunya kabur," imbuhnya.

Ahsan/Hendra ke Final Indonesia Open 2019 Usai Lakoni Pertandingan Melelahkan dan Menegangkan

Chemistry dengan Marko Simic Terjalin Baik, Riko Simanjuntak Siap Teror Lini Pertahanan PSM Makassar

Lawan PSM Makassar di Final Piala Indonesia, The Jakmania Tampilkan Jersey Raksasa dan Koreo Spesial

Kepada pihak kepolisian, dua orang pelaku ini mengatakan sudah beberapa kali beraksi. Modus yang dilakukan berpura-pura sebagai kuli bangunan dan mengambil barang-barang material. Dari situ, pelaku menjual dan hasilnya dibagi tiga.

"Karena kejadian ini korban mengalami kerugaian sebesar Rp 7,5 juta," tuturnya.

Dua orang pelaku kini mendekam di tahanan Mapolsek Cikarang Selatan, akibat perbuatannya mereka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan hukuman penjara di atas lima tahun.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved