Ibadah Haji 2019

Mengenal Lebih Dekat Para Muadzin Masjidil Haram, Miliki Suara Indah dan Selalu Datang Tepat Waktu

Sore itu Jumat (19/7/2019) bertempat di rumah seorang Muadzin, Delegasi rombongan dari Indonesia bersilaturrahim dengan beberapa Muadzin Masjid Haram.

Mengenal Lebih Dekat Para Muadzin Masjidil Haram, Miliki Suara Indah dan Selalu Datang Tepat Waktu
(Tribunnews.com/Muhammad Husain Sanusi/MCH2019)
Para Muadzin Masjidil Haram menerima delegasi rombongan dari Indonesia yang tergabung dalam peserta Daurah al-Shaifiyyah Universitas Ummul Qura Mekkah al-Mukarramah. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Muhammad Husain Sanusi Dari Makkah

TRIBUNNEWS.COM, MAKKAH - Dari sebuah ruangan yang tinggi di atas sumur Zamzam bernama Mukabbariyah di Masjidil Haram para Muadzin mengumandangkan adzan setiap waktu sebelum salat rawatib.

Lantunan adzan itu bergaya Adzan Hijaz Makkah dengan ciri khas tertentu.

Sore itu Jumat (19/7/2019) bertempat di salah satu rumah seorang Muadzin, Delegasi rombongan dari Indonesia yang tergabung dalam peserta Daurah al-Shaifiyyah Universitas Ummul Qura Mekkah al-Mukarramah bersilaturrahim dengan beberapa Muadzin Masjid Haram.

Aktivitas para Muadzin diatur bagian Adminstrasi Muadzin (Idarah al-Muadzin) dibawah Ar-Riasah Li Syu’un al-Masjid al-Haram dan al-Masjid al-Nabawi (Kantor Kepemimpinan Urusan Masjid al-Haram dan Masjid al-Nabawi) yang dipimpin oleh Prof. Dr. Abdurrahman al-Sudais.

Pada kesempatan ini, empat Muadzin hadir ini bersilaturrahmi dengan peserta daurah, mereka adalah; Sayyid Hasyim al-Saqqaf (Sahibul bait), Ahmad Yunus Khaujah, Suhail Hafidz, dan Said al-Zuhair (Muadzin Masjid al-Rajhi).

“Dalam pertemuan itu, para Muadzin mengumandangkan suara adzan yang biasa terdengar di sekitar Masjid al-Haram pada setiap waktu shalat rawatib,” kata salah seorang peserta Daurah al-Shaifiyyah, Ustadz Hasan Darojat.

Hasan Darojat menjelaskan, sore itu terdengar lantunan adzan di ruangan pertemuan yang begitu indah dan memikat hati.

Menghadirkan kekhusuan dan ketenangan bagi pendengar.

Beberapa Muadzin bergantian mengumandangkan adzan, takbir, tahmid, dan peran mereka dalam mendampingi suara takbir para Imam Shalat.

Halaman
12
Editor: Rr Dewi Kartika H
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved