VIDEO Monster Plastik Muncul dan Ancam Bumi: Kampanye Tolak Penggunaan Plastik

Kampanye tolak kantong plastik sekali pakai digaungkan di Pelabuhan Sunda Kelapa, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (20/7/2019).

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Afriyani Garnis

TRIBUNJAKARTA.COM, PENJARINGAN - Kampanye tolak kantong plastik sekali pakai digaungkan di Pelabuhan Sunda Kelapa, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (20/7/2019).

Sosok monster plastik berupa makhluk laut dengan tinggi sekira empat meter ditampilkan disana. Monster plastik tersebut digambarkan sebagai ikan Angler Fish.

Ditampilkan ikan tersebut seperti monster yang muncul dari laut Jakarta dan bergerak mengancam bumi.

Perjalanan monster plastik itu dimulai dari Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Sabtu (20/7/2019) harinini, dan akan bergerak dalam pawai ke jantung ibu kota Jakarta di Bundaran Hotel Indonesia, Minggu (21/7/2019) besok.

Kehadiran Monster ini juga sebagai peringatan bahwa kondisi sampah di Indonesia saat ini sudah sangat mencekam.

Dari 60 juta ton sampah yang dihasilkan, 15 persennya merupakan sampah plastik yang tidak hanya membanjiri temoat pembuangan akhir namun juga lautan Indonesia.

Banyaknya dan besarnya sampah plastim itu diganbarkan melalui sosok monster, sebuah kekuatan besar yang siap mebghancurkan bumi.

Aksi ini dihadiri Econusa, Pandu Laut Nusantara, Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik, Greenpeace, divers Clean Action, Walhi dan Indorelawan.

Ketua Harian Pandu Laut Nusantara Prita Laura, masyarakat lerlu disadarkan bahwa gaya hidup sehari-harinya menghasilkan banyak sampah dan hal tersebut tanpa disadari telah membangun Monster Plastik.

Halaman
12
Penulis: Afriyani Garnis
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved