Dipersiapkan Sampai Sempurna, Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta Baru Bisa Beroperasi Bulan Agustus

Budi Karya Sumadi, sampai saat ini runway ke-3 Bandara Soekarno-Hatta bisa beroperasi sekira bulan Agustus 2019

Dipersiapkan Sampai Sempurna, Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta Baru Bisa Beroperasi Bulan Agustus
TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat melakukan pengecekan kesiapan landasan pacu (runway) 3 Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (21/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Operasional penggunaan dan operasional landasan pacu (runway) 3 Bandara Soekarno-Hatta molor dari yang ditargetkan.

Pada pengecekan sebelumnya, Presiden Joko Widodo menargetkan Runway ke-3 Bandara Soekarno-Hatta dapat aktif digunakan pada pertengahan bulan Juli 2019.

Namun, hingga saat ini Runway yang memiliki luas 3.000 x 60 meter ini belum resmi beroperasi.

Menurut Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, sampai saat ini runway ke-3 Bandara Soekarno-Hatta bisa beroperasi sekira bulan Agustus 2019.

"Sebenarnya bisa, tapi kami akan persiapkan akan usulkan paling lambat pertengahan Agustus bisa beroperasi. Sebenarnya sekarang bisa beroperasi, tapi saya pikir kita sebaiknya persiapkan sampai sempurna," ujar Budi di Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (21/7/2019).

Ia menjelaskan, jajarannya harus berkoordinasi dulu dengan Dirjen Perhubungan Udara, PT Angkasa Pura, AirNav dan stakeholder lainnya sebelum runway 3 resmi beroperasi.

Tapi Budi memastikan untuk fisik hingga marka penerbangan di runway terbaru tersebut sudah siap bahkan sudah bisa diperuntukan untuk pendaratan darurat bila terjadi.

Beredar Kabar Penumpang Diturunkan di Bandara Soekarno-Hatta, Ini Penjelasan Sriwijaya Air

"Kalau fisik sebenarnya sudah siap dan bisa dibuktikan. Semua sudah siap tapi koordinasi SOP itu harus dimantapkan. kita harus koordinasi dengan maskapai, AirNav dan lainnya. Sosialisasi dengan maskapai butuh karena mereka harus persiapkan semuanya, jenis-jenis pesawat yang bisa di sini kan memang beberapa saja," jelas Budi.

Budi mengatakan, dari pembangunan runway 3 Bandara Soekarno-Hatta ini dapat menambah 40 persen aktivitas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta.

Dari 81 aktivitas penerbangan per jamnya, dengan beroperasinya runway 3 tersebut aktivitas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta dapat mencapai 120 pergerakan pesawat setiap jamnya.

"Kalau kita lihat di runway 2 itu terdapat cukup banyak antrean, lima kadang tujuh pesawat. Sekarang kemampuan dari Bandara Soetta, 1 jam itu kira-kira 81 take and landing. Nah, kapasitas itu memang kita belum bisa membuat kecepatan itu lebih baik. Oleh karenanya kita diamanahkan untk membangun runway ke-3," kata Budi.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved