Hadiri Lebaran Betawi di Monas, Gubernur Anies Ingatkan Warga Pertemuan IKADA

Untuk itu, ia berpesan kepada seluruh masyarakat Betawi untuk selalu menjadi simpul pemersatu bangsa.

Hadiri Lebaran Betawi di Monas, Gubernur Anies Ingatkan Warga Pertemuan IKADA
TRIBUNJAKARTA.COM/DIONSIUS ARYA BIMA SUCI
Gubernur Anies saat menghadiri Lebaran Betawi di Lapangan Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (21/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Hadiri Lebaran Betawi di Monas, Gubernur Anies Baswedan mengingatkan warga pentingan rapat raksasa di Lapangan IKADA usai Presiden Soekarno mendeklarasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 lalu.

"Lapangan ini adalah tempat dimana masyarakat Betawi berkumpul yang kita kenal dengan Ikatakan IKADA karena saat itu proklamasi masih dianggap keputusan sekelompok masyarakat kecil, sedikit jumlahnya, hanya kemauan elit aja bukan kemauan rakyat," ucapnya, Minggu (21/7/2019).

Kemudian, Anies menyebut, disinilah peran masyarakat Betawi yang kemudian datang berbondong-bondong ke Lapangan IKADA untuk menunjukkan pada dunia, kemerdekaan Indonesia merupakan kehendak seluruh masyarakat.

"Masyarakat Betawi berbondong-bondong dayang di lapangan ini ingin menunjukkan pada dunia bahwa kemerdekaan bukan kemauan kelompok kecil, tapi seluruh masyarakat," ujarnya.

Ia menyebut, kehadiran masyarakat Betawi kala itu menjadi sinyal positif bahwa kemerdekaan Indonesia merupakan cita-cita seluruh rakyat.

Untuk itu, ia berpesan kepada seluruh masyarakat Betawi untuk selalu menjadi simpul pemersatu bangsa.

"Kota ini telah menjadi kota dimana persatuan Indonesia dirajut, di kota ini masyarakatnya menyambut kedatangan suku bangsa nusantara dengan keramahan dan kehangatannya" kata Anies.

"Lalu dimana peran masyarakat Betawi? Masyarakat Betawi menjadi fasilitator tumbuhnya persatuan di Indonesia," tambahnya.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved