Hasil Investigasi, Human Error Jadi Penyebab Mini Bus Transjakarta Terbakar di Jalan Basuki Rahman

PT Transportasi Jakarta menyebut, kebakaran mini bus Transjakarta yang terjadi di Jalan Basuki Rahman disebabkan oleh faktor human error.

Hasil Investigasi, Human Error Jadi Penyebab Mini Bus Transjakarta Terbakar di Jalan Basuki Rahman
TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci
Konferensi pers yang digelar oleh PT Transjakarta dan Kopaja di Kedai Kopi Oey, Jalan Sabang, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (21/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, MENTENG - PT Transportasi Jakarta menyebut, kebakaran mini bus Transjakarta yang terjadi pada Sabtu (20/7/2019) lalu di Jalan Basuki Rahman disebabkan oleh faktor human error.

Hal ini diungkapkan oleh Plt Direktur Teknik PT Transportasi Jakarta Welfizon Yuza berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan oleh pihaknya.

Berdasarkan hasil investigasi, penyebab kebakaran bukanlah disebabkan oleh overheat pada mesin bus berpelat B 7924 DG tersebut.

"Hasil pemeriksaan yang kami dapat, rangkaian unit engine atau mesin tidak terbakar. Artinya terbakar bukan disebabkan mesin," ucapnya kepada awak media, Minggu (21/7/2019).

Ia pun menyebut, kebakaran ini disebabkan oleh faktor human error yang dilakukan oleh mekanik AC sehari sebulan peristiwa tersebut terjadi.

"Kami menyimpulkan bahwa terjadi human error dan prosedur yang tidak tepat dari mekanik saat melakukan pemasangan rangkaian AC pada 19 Juli malam," ujarnya di Kedai Kopi Oey, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat.

Welfizon menjelaskan, saat itu sang mekanik mengganti spare part AC lantaran mendapat keluhan pendingin ruangan yang tidak bekerja maksimal selama bus itu beroperasi pada Jumat (19/7/2019) lalu.

"Harusnya penggantian tidak boleh dilakukan malam hari, karena itu akhirnya terjadi human error," kata Welfizon.

"Jadi percikan api itu disebabkan oleh rangkaian AC," tambahnya menjelaskan.

Halaman
12
Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved