Menhub Sebut Peresmian Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta akan Bertepatan HUT ke-74 Indonesia

Budi menekankan runway 3 Bandara Soekarno-Hatta sebenarnya sudah bisa digunakan, hanya menyempurnakan beberapa hal minor.

Menhub Sebut Peresmian Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta akan Bertepatan HUT ke-74 Indonesia
TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat melakukan pengecekan kesiapan landasan pacu (runway) 3 Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (21/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mentargetkan peresmian landasan pacu (runway) 3 Bandara Soekarno-Hatta akan dilaksanakan paling lambat pertengahan Agustus 2019.

Menurutnya, peresmian runway seluas 3.000 x 60 meter tersebut akan disandingkan dengan HUT ke-74 Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2019.

"Kita harapkan (peresmian)memperingati 17 Agustus, untuk kemerdekaan juga. Kita akan persiapkan akan usulkan paling lambat pertengahan Agustus bisa beroperasi," ucap Budi di saat mengecek persiapan runway 3 Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (21/7/2019).

Meskipun, target tersebut sudah molor dari dari target yang sudah ditetapkan Presiden Indonesia, Joko Widodo beberapa waktu lalu saat melakukan pengecekan ke landasan pacu terbaru itu.

Dipersiapkan Sampai Sempurna, Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta Baru Bisa Beroperasi Bulan Agustus

Akan tetapi Budi menekankan runway 3 Bandara Soekarno-Hatta sebenarnya sudah bisa digunakan, hanya menyempurnakan beberapa hal minor.

"Kalau fisik sebenarnya sudah siap dan bisa dibuktikan. Semua sudah siap tapi koordinasi SOP itu harus dimantapkan. kita harus koordinasi dengan maskapai, AirNav dan lainnya. Sosialisasi dengan maskapai butuh karena mereka harus persiapkan semuanya, jenis-jenis pesawat yang bisa di sini kan memang beberapa saja," jelas Budi.

Hal itu meleset dari pernyataan Jokowi yang menargetkan runway 3 Bandara Soekarno-Hatta dapat beroperasi pada pertengahan hingga akhir bulan Juli 2019.

"Runway ketiga Soekarno-Hatta ini sudah selesai 86 persen. Kita harapkan akhir bulan ini sudah 100 persen. Langsung akan dioperasionalkan secepatnya. Mungkin Juli 2019 sudah dioperasionalkan," ujar Jokowi pada Jumat (21/6/2019).

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved