Ibadah Haji 2019

Pantau Persiapan Haji di Bandara Soekarno-Hatta, Menhub Apresiasi Kerja Sama Imigrasi Arab Saudi

Jadi, jamaah calon haji tidak perlu melakukan pengecekan administrasi di Bandara King Abdul Aziz di Arab

Pantau Persiapan Haji di Bandara Soekarno-Hatta, Menhub Apresiasi Kerja Sama Imigrasi Arab Saudi
TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat ditemui usai melakukan pengecekan keberangkatan jemaah calon haji di Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (21/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengecek proses keberangkatan jemaah calon haji di Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (21/7/2019).

Dalam kunjungannya, Budi mengecek loket imigrasi dari Imigrasi Arab Saudi atau disebut pre clereance system di Lounge Umrah Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta.

Jadi, jamaah calon haji tidak perlu melakukan pengecekan administrasi di Bandara King Abdul Aziz di Arab karena sudah dilakukan sebelum berangkat di Bandara Soekarno-Hatta.

Budi pun melayangkan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintahan Arab Saudi sudah menyiapkan proses keimigrasian tersebut.

"Sejak tahun lalu ada, yang dilakukan sejak di Indonesia jadi ini langkah yang baik. Di mana semua urusan imigrasi itu sudah diselesaikan di sini (Bandara Soekarno-Hatta). Jadi, jemaah tinggal bawa satu tas kecil saja. Kami sangat apresiasi," ujar Budi.

69 Jemaah Haji Berusia 95 Tahun ke Atas Dapat Perhatian Khusus Tiba di Tanah Suci

Menurutnya, langkah meletakan petugas imigrasi Arab Saudi di Bandara Soekarno-Hatta merupakan langkah yang sangat tepat untuk mengurai antrean jemaah di Bandara King Abdul Aziz.

Sebab, pernah terjadi penumpukan sebanyak 20 ribu jemaah calon haji setibanya di Arab Saudi untuk melakukan pengecekan administasi.

"Gak ada masalah, kemarin tapi sempet ada masalah tambahan yang 20 ribu, tapi kami ketemu sendiri dengan Dubes dan Kemenag penambahan ini dari segi pelayanan dan saya juga apresiasi dari pemerintah Arab Saudi yang begitu welcome, di mana masalah kuota ini harus ditangani dengan baik," papar Budi.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kini lounge haji embarkasi haji 2019 ada di Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta, kalau tahun lalu ada di Terminal 2E Bandara Soekarno-Hatta.

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved