Upaya Kurangi Polusi Udara, Camat Jatinegara Wajibkan ASN Mengendarai Sepeda Tiap Jumat

Eka melakukan terobisan baru dengan mewajibkan pegawainya membawa sepeda tiap kali pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di hari Jumat.

Upaya Kurangi Polusi Udara, Camat Jatinegara Wajibkan ASN Mengendarai Sepeda Tiap Jumat
TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina
Camat Kramat Jati, Eka Darmawan, Jumat (14/6/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI  - Camat Kramat Jati Eka Darmawan mewajibkan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kantor Kecamatan Kramat Jati pakai sepeda tiap Jumat.

Hal ini merupakan wujud dari membantu Pemerintah dalam mengurangi polusi udara di Jakarta.

Untuk itu, Eka melakukan terobisan baru dengan mewajibkan pegawainya membawa sepeda tiap kali pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di hari Jumat.

"Saya sudah wajibkan pegawai untuk membawa sepeda ke kantor tiap Jumat. Saat ini alhamdulillah sudah berjalan. Namun memang belum maksimal dan masih beberapa pegawai saja," katanya saat dihubungi, Senin (21/7/2019).

Belum maksimalnya langkah yang dilakukan Eka ini didasari jarak rumah pegawai ASN dan kantor yang terlampau jauh. Sehingga pegawai ASN yang rumahnya jauh belum membawa sepeda ke kantor kecamatan.

Setiap Senin, Perangkat Daerah Pemkot Bekasi Wajib Setor Sampah

Anies Jawab Kritikan Pembongkaran Getih Getah: Masa Hidup dan Anggaran untuk Petani Bambu

Meskipun baru dapat dilaksanakan oleh beberapa pegawai ASN, Eka sangat berharap untuk ke depannya para pegawai ASN lainnya bisa ikut bersepeda tiap Jumat.

"Memang saat ini masih sedikit untuk langkah penggunaan sepeda ke kantor. Tapi langkah lain untuk pencegahan rokok di lingkungan kecamatan sudah berjalan maksimal," sambungnya.

Sebab menurut Eka mengurangi jumlah konsumsi rokok di tiap pegawainya juga turut membantu mengurangi polusi udara Jakarta.

"Sekarang begini, kalau satu pegawai selama kerja enggak kita bolehkan merokok selama masih di lingkungan kecamatan saja sudah membantu kan. Sedangkan pegawai kita kan cukup banyak juga. Jadi beberapa batang rokok yang biasa mereka hisap selama bekerja tidak dihisap juga turut membantu mengurangi polusi udara, walaupun tidak maksimal. Tapu ikut membantu," tandasnya.

Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved