VIDEO Mensos Sebut Cuaca Ekstrem Sulitkan Pengiriman Bantuan Korban Gempa Halmahera Selatan

Bantuan untuk korban gempa di Halmahera Selatan, masih menjadi tantangan bagi Kementerian Sosial.

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPUTAT - Bantuan untuk korban gempa di Halmahera Selatan, masih menjadi tantangan bagi Kementerian Sosial.

Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengungkapkan sulitnya akses menuju Kabupaten Halmahera Selatan.

Seperti diketahui, wilayah yang berada di provinsi Maluku Utara, diterpa gempa berkekuatan 7,2 skala richter yang pusatnya berada pada kedalaman 10 kilometer di 62 kilometer Timur Laut Labuha, pada Minggu (14/7/2019).

Gempa dengan skala guncangan besar ity mengakibatkan lima orang meninggal dunia dan puluhan orang luka-luka. Selain itu juga sebanyak 971 rumah rusak dan puluhan fasilitas umum rusak.

"Masalahnya sekarang di Halmahera Selatan, karena akses ke sana sangat sangat sulit, kami sendiri sejak hari kedua setelah gempa sudah ke sana, bantuan bantuan yang sudah kami kumpulkan, kami kirim, baik dari Jakarta, dari Makassar, dari Manado, itu tidak bisa masuk ke lokasi bencana karena masalah akses," ujar Agus selepas memberikan kuliah umum di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), Senin (22/7/2019).

Agus menjelaskan, akses jalan normal menuju berbagai lokasi yang terdampak gempa di Halmahera Selatan, hanya bisa diakses menggunakan sepeda motor.

Namun hal itu mustahil jika harus mengangkut bantuan dengan berat beberapa ton.

"Di Kabupaten Halmahera Selatan itu, yang paling terdampak itu desa desa yang ketika kami lihat dari helikopter, itu desa desa yang satu sama lain terisolasi, dan dari desa satu ke desa lain itu tidak ada akses, tidak ada jalan," ujarnya.

Agus juga memaparkan kesulitan akses jalur laut dan udara karena cuaca ekstrem yang sering hujan dan badai.

Halaman
12
Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved