Breaking News:

Ibadah Haji 2019

70 Persen Jamaah Haji Asal Jawa Barat Masuk Kategori Resiko Tinggi

Ketua Panitia Bidang Kesehatan PPIH Embarkasi Bekasi, Yani Dwiyuli mengatakan, 70 persen jamaah calon haji asal Jawa Barat masuk kategori risti.

TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Jamaah calon haji saat melakukan pemeriksaan kesehatan di Asarama Haji Embarkasi Bekasi Jalan Kemakmuran, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Ketua Panitia Bidang Kesehatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Bekasi, Yani Dwiyuli mengatakan, 70 persen jamaah calon haji asal Jawa Barat masuk kategori resiko tinggi (risti)

"Kalau dilihat dari keseluruhan ya se-Jawa Barat, sekitar 70 persen, kalau berdasarkan masing-masing daerah mungkin beda lagi," kata Yani di Embarkasi Bekasi, Jalan Kemakmuran, Bekasi Selatan, Selasa (23/7/2019).

Yani menamnahkan, berdasarkan ketetapan Kementerian Kesehatan, kategori risti ini disematkan untuk setiap jamaah yang memiliki usia di atas 63 tahun dan jemaah yang memiliki riwayat penyakit.

"Kalau dari Kemenag yang prioritas itu risti usia 75 tahun ke atas atau risti yang memang memiliki riwayat penyakit," imbunya.

Jamaah haji kategori risti ini selama menjalani ibadah haji akan terus dipantau kondisi kesehatannya baik selama diperjalanan menuju Arab Saudi hingga kembali ke tanah air.

"Kalau risti ini juga ada yang risti perlu pendampingan misal pendampingan oeang, alat atau obat, kalau itu terpenuhi dia baru dikatakan memenuhi syarat, tapi ada juga risti yang tidak biasa kalau dia enggak pake apa-apa bisa juga," jelas dia.

Untuk jamaah haji kategori risti, dibedakan dengan tanda strip oranye yang tertera pada Kartu Kesehatan Jemaah Haji (KKJH).

Kartu ini diberikan saat jemaah melakukan pemeriksaan kesehatan di Asrama Haji Embarkasi Bekasi.

"Tahun ini kita ingin mengoptimalkan KKJH untuk menandai jemaah haji yang risti, jadi bisa lebih efisien dan efektif yaitu dengan memberikan warna pada strip nama di KKJH, untuk jemaah haji yang tidak masuk kategori risti warna kartunya putih," ungkap Yani.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved