Ibadah Haji 2019

Jemaah Haji Wajib Hati-hati saat Menyebrang Jalan, Mobil Arab Saudi Pakai Stir Kiri

Kepala Daker Makkah Subhan Cholid menjelaskan sudah ada jemaah haji Indonesia asal embarkasi Jakarta yang mengalami kecelakaan.

Jemaah Haji Wajib Hati-hati saat Menyebrang Jalan, Mobil Arab Saudi Pakai Stir Kiri
(Tribunnews/Muhammad Husain Sanusi/MCH2019)
Asep Subhana, Kabid Transportasi PPIH Arab Saudi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Muhammad Husain Sanusi Dari Makkah

TRIBUNJAKARTA.COM, MAKKAH – Kepala Daker Makkah Subhan Cholid menjelaskan sudah ada jemaah haji Indonesia asal embarkasi Jakarta, yang mengalami kecelakaan lalu lintas saat akan menyeberang jalan.

“Ada jemaah yang mengalami kecelakaan sudah dirawat di RSAS, pelaku yang menabrak juga sudah berurusan dengan polisi dan komitmen akan menyelesaikan hingga sembuh,” kata Subhan Cholid di Kantor Daker Makkah, Rabu (24/7/2019).

Jemaah haji memang sangat rawan mengalami kecelakaan ditabrak mobil karena budaya lalu linta di Arab Saudi beda dengan Indonesia.

Cuaca Panas Ekstrim di Makkah, Ini Waktu Tepat Jemaah Haji Lansia Lakukan Umrah di Masjidil Haram

Mobil di Arab Saudi mayoritas tak ada yang lamban semuanya kencang-kencang.

Selain itu masalah budaya yang berbeda yakni soal stir kiri di Arab Saudi, juga membuat jemaah haji Indonesia tak terbiasa dengan sistem lalu lintas.

Asep Subhana, Kabid Transportasi PPIH Arab Saudi
Asep Subhana, Kabid Transportasi PPIH Arab Saudi ((Tribunnews/Muhammad Husain Sanusi/MCH2019))

Untuk itu, Asep Subhana, Kabid Transportasi PPIH Arab Saudi, mengimbau jemaah haji agar memperhatikan petunjuk keselamatan lalu linta di Arab Saudi.

“Kita sudah membuat video tutorial seperti keselamatan penggunaan bus shalawat di Makkah, di sini kan kalau menyebrang stir kiri, jadi menengoknya kebalikan dari budaya kita di indonesia.” Katanya.

Asep menambahkan arah kendaraan harus menengok ke sebelah kanan, karena arah kendaraan dari kanan semua, ini kebalikan dari budaya di Indonesia.

Jemaah Haji di Makkah Semakin Padat, Keamanan di Masjidil Haram Makin Diintensifkan

“Terus kalau turun, kita kan kaki kiri, kalau disini kaki kanan turunnya. jamaah belum terbiasa, tapi kalau lewat terowongan untuk menyebrang, jamaah kita imbau menyeberang lewat terowongan dan jembatan penyeberangan,” ujar Asep.

Asep juga mengimbau kepada petugas haji agar jangan membiarkan jemaah haji Indonesia menyeberang sendiri, harus dipandu oleh petugas. “kita sudah buat panduan berkendara untuk keselamatan jemaah haji,” kata Asep.

Editor: Muji Lestari
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved